Crivisaya Ganjar Latih Warga Cara Bikin Abon Ikan Lele di Musi Rawas

Sabtu, 16 September 2023 - 08:30 WIB
loading...
Crivisaya Ganjar Latih Warga Cara Bikin Abon Ikan Lele di Musi Rawas
Crivisaya Ganjar melatih puluhan warga Musi Rawas cara membuat abon ikan lele. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
SUMSEL - Crivisaya Ganjar yang terdiri dari Generasi Alumni Muda Universitas Sriwijaya (Unsri) dan Universitas Lampung (Unila) melatih puluhan warga Musi Rawas cara membuat abon ikan lele.

Berkolaborasi dengan produsen Rumah Lele (RULE) bernama Yayuk Yuliani, pelatihan itu digelar di kawasan Danau Aur, Desa Sumber Jaya, Kecamatan Sumber Harta, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan pada Sabtu (16/9/2023).

"Kegiatan hari ini kami mengadakan pelatihan pengelolaan produk berbahan dasar ikan lele," ujar Perwakilan Crivisaya Ganjar Sumsel, Agung Wahyudi.

"Kenapa juga kami memilih ikan lele karena budi daya ikan lele itu di sini juga lumayan banyak dan dan budidaya itu lumayan mudah," lanjut dia.



Agung menjelaskan, masyarakat Musi Rawas khususnya Sumber Harta mayoritas menggantungkan sumber penghidupannya pada sektor budidaya ikan. Hal ini dikarenakan daerah Musi Rawas dominan merupakan daerah persawahan dan rawa-rawa.

Pihaknya pun memilih bahan dasar ikan lele yang akan diolah karena memang komoditas ikan lele menjadi panganan favorit warga sekitar. Selain harganya yang murah, cara pembudidayaan ikan lele juga relatif sangat mudah.

Mengutip data BPS, jumlah penduduk Kecamatan Sumber Harta pada tahun 2022 yakni sebanyak 18.695. Dari total masyarakat yang ada, sentra budidaya perikanan menjadi fokus strategis penghidupan dengan tingkat produksi mencapai 193,78 ton per hari.

"Harapan kami warga bisa lebih kreatif dalam mengelola ikan lele, tidak hanya sekedar budidaya saja, tetapi juga untuk meningkatkan UMKM di daerah sini terutama Musi Rawas," ungkap Agung.



Kegiatan tersebut sebagai sosialisasi sosok Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024 kepada warga setempat. Warga pun tampak sangat antusias menerima kehadiran sukarelawan Crivisaya Ganjar.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2163 seconds (0.1#10.140)