Berjejaring dan Mendukung Pengusaha Perempuan Indonesia bersama Stellar Women

Selasa, 19 September 2023 - 14:51 WIB
loading...
Berjejaring dan Mendukung Pengusaha Perempuan Indonesia bersama Stellar Women
Data Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia menunjukkan pada 2021, perempuan mengelola 64.5% dari total UMKM di Indonesia. Persentase ini sama dengan 37 juta UMKM.
A A A
JAKARTA - Data Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia menunjukkan pada 2021, perempuan mengelola 64.5% dari total UMKM di Indonesia. Persentase ini sama dengan 37 juta UMKM. Ke depan diproyeksikan nilai tersebut akan terus meningkat, dan pada 2025 bisa mencapai USD 135 miliar.

Data BPS di atas memaparkan bagaimana perempuan memiliki peranan vital dalam mengelola UMKM di Indonesia. Pelaku UMKM berdampak besar untuk pertumbuhan perekonomian. Akan tetapi, masih ada hambatan-hambatan yang dialami oleh perempuan sehingga menghentikan atau menjadi ganjalan dalam perjalanan mereka sebagai pengusaha.

Menurut World Bank, perempuan menghadapi kendala besar yang menghambat pertumbuhan bisnis mereka, seperti kurangnya modal, kendala sosial yang ketat, serta waktu dan keterampilan yang terbatas.

Awalnya, para pendiri Stellar Women -yang merupakan empat pengusaha perempuan Indonesia- menyadari bahwa ruang-ruang untuk perempuan saling bertemu, berbagi, dan belajar itu masih kurang. Aliya Amitra, Debora Gondokusumo, Samira Shihab, dan Zhafira Loebis adalah pengusaha perempuan dan memiliki peran-peran lain dalam kehidupan sehari-harinya, yaitu sebagai seorang istri dan ibu. Menjalani multi peran sekaligus membuat perempuan-perempuan ini melihat ruang kosong yang perlu diisi untuk para perempuan ambisius Indonesia.

Stellar Women hadir untuk mendukung perempuan-perempuan hebat Indonesia yang ingin selalu mengembangkan dirinya dan juga memaksimalkan potensi-potensi yang ada dalam diri perempuan. Komunitas perempuan di mana para perempuan bisa berkumpul dan berbagi pengalaman tanpa merasa dihakimi ketika menceritakan tentang kehidupan dan kesulitan-kesulitan yang dialaminya merupakan visi dari Stellar Women. Tidak hanya itu, Stellar Women berkomitmen untuk memfasilitasi pertumbuhan perempuan Indonesia baik secara personal maupun secara profesional.

Selama beberapa tahun ini, Stellar Women menyajikan beragam bentuk program yang dapat diikuti dan diakses oleh member & non-member Stellar Women. Bentuk-bentuk program ini antara lain adalah kelas-kelas daring dan luring, konferensi, pertemuan (summit), kompetisi pendanaan bisnis, dan pertemuan luring bulanan bersama para member Stellar Women. Baik member ataupun non-member Stellar Women bisa mengakses dan menghadiri program-program Stellar Women sesuai dengan kebutuhan mereka.

Seiring berjalannya waktu dan semakin seringnya Stellar Women berinteraksi dengan perempuan-perempuan Indonesia yang mengikuti program Stellar Women, semakin melihat potensi luar biasa yang dimiliki oleh mereka. Namun, terkadang ada hambatan-hambatan internal maupun eksternal yang kemudian membuat mereka tersandung dalam karirnya.

Dalam berkarir dan menjadi bagian dari keluarga, perempuan tidak jarang merasa kewalahan dan sendirian. Dari perbincangan-perbincangan Stellar Women dengan para member, ditemukan bahwa tidak jarang pengusaha perempuan merasa bahwa perjalanan mereka merintis dan mengembangkan bisnis adalah jalan yang sangat sepi dan sendiri.

Saat ini, Stellar Women sedang berupaya untuk memetakan hambatan-hambatan serta dukungan-dukungan yang dibutuhkan oleh pengusaha perempuan Indonesia. Melalui penelitian ini, Stellar Women bertujuan untuk memberikan gambaran potensi, tantangan, dan kondisi kewirausahaan perempuan di Indonesia. Selain itu, juga akan memberikan gambaran yang komprehensif mengenai wirausaha perempuan,Menjelajahi hambatan pengusaha perempuan dan menemukan solusi kolaboratif.

Penelitian ini juga akan mengkaji lebih dalam mengenai dampak-dampak yang diberikan oleh pengusaha perempuan. erta peluang-peluang pengusaha perempuan Indonesia.

Stellar Women mengundang kamu pengusaha perempuan dari sektor industri apapun untuk berpartisipasi dalam penelitian ini. Perjalanan kamu sebagai seorang pengusaha perempuan penting untuk dituturkan dan dipahami oleh pihak-pihak yang mendukung kesuksesan pengusaha perempuan. Melalui pengalamanmu, Stellar Women ingin mengetahui secara mendalam dukungan-dukungan yang tepat dan berkelanjutan untuk pengusaha perempuan. Silahkan isi survei di sini.

Kalau kamu tertarik untuk mengetahui informasi-informasi mengenai bisnis serta kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh Stellar Women, kamu bisa mengunjungi www.stellarw.com dan mengikuti Instagram @stellarwomen.id.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3114 seconds (0.1#10.140)