Kendalikan Inflasi, Bulog DIY Rangkul BUMDes

Selasa, 16 Mei 2017 - 09:52 WIB
Kendalikan Inflasi, Bulog DIY Rangkul BUMDes
Kendalikan Inflasi, Bulog DIY Rangkul BUMDes
A A A
YOGYAKARTA - Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) DIY mulai menjalin kerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di beberapa desa wilayah ini. Kerja sama ini salah satu upaya untuk mengendalikan laju inflasi di wilayah ini.

Kepala Bulog DIY Divre DIY, Miftakhul Adha mengatakan, di Yogyakarta memang unik. Karena ternyata pemicu inflasi sering bukan dari harga kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng ataupun gula pasir.

Namun, justru dari jenis makanan lain ataupun bahkan tarif kos-kosan yang memang banyak tersebar di wilayah ini. "Untuk itu kami mencoba melakukan antisipasi lain," katanya di Yogyakarta, Selasa (16/5/2017).

Pihaknya kali ini mencoba bekerja sama dengan BUMDes yang ada di wilayah ini. Untuk pertama kalinya, Bulog Divre DIY mencoba bekerja sama dengan dua BUMDes yang ada di Kabupaten Sleman. Dua tujuan utama dari kerja sama ini yaitu mengembangkan produk lokal hingga menjadikan BUMDes sebagai outlet penjualan komoditas Bulog atau sering disebut sebagai Rumah Pangan Kita (RPK).

Bulog kini memiliki peran berbeda selain sebagai penstabil harga pangan. Karena mereka kini juga berusaha mengembangkan produk lokal dengan melakukan pendampingan dari berbagai sisi. Mulai dari produksi, pengepakan, perizinan hingga pemasaran. Produk-produk lokal tersebut akan dipasarkan di jaringan RPK yang mereka miliki.

Beberapa produk lokal yang kini tengah mereka dampingi di antaranya seperti gula semut dari Kulonprogo, sirup dari ekstrak biji salak dan produk lokal lainnya.

Melalui kerja sama dengan BUMDes maka akan bertambah produk lokal yang mereka dampingi. Ke depan, produk-produk lokal tersebut akan tersebar di seluruh RPK yang ada di DIY.

"Sekarang RPK di DIY ada 587 buah. Target kami tahun ini bisa 600 buah, tentu ini akan sangat membantu UKM untuk berkembang," paparnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7644 seconds (0.1#10.140)