Barang Impor Marak Dijual Online, Perindo Desak Pemerintah Lindungi UMKM

Rabu, 20 September 2023 - 18:35 WIB
loading...
Barang Impor Marak Dijual Online, Perindo Desak Pemerintah Lindungi UMKM
Ketua Bidang UMKM DPP Pemuda Partai Perindo Alex Adam Putra. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Bidang UMKM DPP Pemuda Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Alex Adam Putra meminta pemerintah serius melindungi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan produk lokal dari serbuan barang impor yang bebas dijual melalui media sosial (medsos) maupun e-commerce. Hal itu menanggapi terkait banyaknya keluhan UMKM terkait dagangannya yang terus menurun drastis akibat gempuran produk impor yang dijual secara online.

"Kalau perihal e-commerce zaman saat ini kita tidak bisa menolak ya. Itu suatu perubahan yang harus disikapi dengan digitalisasi. Tapi jangan sampai produk impor membanjiri negeri kita dan mematikan UMKM juga produk lokal," ujar Alex, di Kantor DPP Partai Perindo, Jakarta Pusat, Rabu (20/9/2023).



Menurut dia, sebelum live TikTok Shop gencar dilakukan seharusnya pemerintah telah membuat regulasi dan aturan untuk menguatkan UMKM. Seharusnya pemerintah telah membuat regulasi dan aturan yang membuat menguatkan UMKM.

"Jadi setiap produk yang masuk di bangsa kita negeri kita itu harus di filter atau disortir jadi tidak semua produk bisa membanjiri di UMKM kita," kata Alex.

Dia mengungkapkan tanpa disadari secara perlahan-lahan UMKM tidak berkembang dan cenderung mati suri karena kalah bersaing dengan produk impor yang dijual dengan harga murah.

"Di mana produk luar itu secara kualitas dan kuantitas harga dia memang lebih murah, di mana masyarakat kita otomatis tergiur dengan produk-produk mereka karena produk lokal kita tidak bisa bersaing sama mereka. Salah satunya adalah secara kualitas dan kuantitas produk lokal kita yang kalah jauh," ungkap Alex.

Dia berharap pemerintah bisa hadir di tengah-tengah para pengusaha UMKM yang saat ini tengah tergerus produk-produk import murah yang dijual melalui media sosial.

"Pemerintah perlu membuat satu regulasi aturan dengan cara mereka bisa membuat suatu bidang koperasi atau UMKM atau market place buat pelaku UMKM ini agar bisa berkembang dengan tujuannya yaitu tujuan utama kita mengedepankan UMKM," tutur Alex.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9038 seconds (0.1#10.140)