Menhub Ungkap Peran Jokowi dalam Pemberian Nama Baru Kereta Cepat

Kamis, 21 September 2023 - 21:12 WIB
loading...
Menhub Ungkap Peran Jokowi dalam Pemberian Nama Baru Kereta Cepat
Whoosh resmi menjadi nama baru Kereta Cepat Jakarta-Bandung. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah resmi memberikan nama Kereta Cepat Jakarta-Bandung menjadi Whoosh. Adapun nama Whoosh merupakan kepanjangan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal dan Sistem Handal.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menceritakan bahwa nama tersebut lahir dari adanya obrolan santai dengan sejumlah menteri dan Presiden Jokowi setelah melakukan uji coba.

"Jadi di lapangan banyak kita ngomong. Kalau di sana, ungkapan kegembiraan itu ngomong whoosh, whoosh, whoosh setelah jalan 380 km per jam," kata Menhub, Kamis (21/9/2023).



"Beliau juga katakan kalau namanya cepat di Indonesia itu whoosh, whoosh. Kita coba tapi memang kita cari nama yang sesuai. Dari berbagai kata yang ada, whoosh ini yang paling cepat," jelasnya.

Dia mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki peran yang banyak dalam pemberian nama whoosh untuk kereta cepat.

"Pak presiden punya peran yang banyak tapi ini bentuknya dialog. Jadi pak presiden juga, orang yang naik juga bilang whoosh karena cepat," kata dia.



Dia berharap pemberian nama kereta cepat ini dapat menjadi kebanggan masyarakat Indonesia. Menurutnya ini akan menjadi keren jika dijadikan merchandise. "Insyaallah kita berikan sebuah nama yang bisa diingat. Saya gak bisa bayangkan kalau di kaos itu keren banget," katanya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1600 seconds (0.1#10.140)