Pertamina Dapat Harga Murah Impor Crude dan LPG dari Uni Emirat Arab

Senin, 22 Mei 2017 - 20:56 WIB
Pertamina Dapat Harga Murah Impor Crude dan LPG dari Uni Emirat Arab
Pertamina Dapat Harga Murah Impor Crude dan LPG dari Uni Emirat Arab
A A A
JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menandatangani perjanjian rencana pembelian langsung LPG dan minyak mentah (crude) oleh PT Pertamina (Persero) dari perusahaan nasional Uni Emirat Arab, ADNOC.

Dengan campur tangan pemerintah, Pertamina mengaku mendapatkan harga murah mengimpor crude dan LPG dari Uni Emirat Arab.

Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Muchammad Iskandar mengungkapkan, pemerintah memang tengah berupaya membantu Perseroan memperoleh sumber minyak murah dari luar negeri. Untuk itu, Kementerian ESDM pun membuka jalur kerja sama dengan negara tersebut.

"Iya harga lebih murah apalagi dengen komitmen government to government. Karena juga kan open market," katanya di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Senin (21/5/2017).

Menurutnya, Perseroan saat ini memang tengah gencar melakukan ekspansi bisnis ke luar negeri. Terutama, dalam rangka pencarian sumber minyak baru dari luar negeri. "Kita sudah mulai searching belanja ke Iran. Ini untuk program efisiensi kita," imbuh dia.

Kendati demikian, hingga saat ini Pertamina belum menentukan besaran minyak mentah dan LPG yang akan diimpor dari Uni Emirat Arab. Namun dia meyakini, dengan adanya perjanjian tersebut maka akan ada jaminan untuk ketahanan energi nasional.

"Varian itu makin open. Jadi negara manapun bisa masuk dengan lebih kompetitif. Nanti disesuaikan dengan kebutuhan riil," tandasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5920 seconds (0.1#10.140)