Harga Minyak Naik Terimbas Keyakinan Pasar terhadap OPEC

Rabu, 24 Mei 2017 - 09:36 WIB
Harga Minyak Naik Terimbas Keyakinan Pasar terhadap OPEC
Harga Minyak Naik Terimbas Keyakinan Pasar terhadap OPEC
A A A
SINGAPURA - Harga minyak dunia naik didukung meningkatkan keyakinan bahwa penurunan produksi yang dipimpin oleh OPEC yang bertujuan untuk memperketat pasar akan berlanjut hingga akhir 2017 dan kuartal pertama tahun depan.

Seperti dikutip dari Reuters, Rabu (24/5/2017), harga minyak brent naik 13 sen dari penutupan terakhirnya ke level USD54,28 per barel. Sementara, harga minyak AS West Texas Intermediate (WTI) berada di level USD51,58 atau naik 11 sen.

Kedua tolok ukur harga minyak tersebut telah meningkat lebih dari 12% dari posisi terendah pada bulan ini. Harga telah pulih pada konsensus yang berkembang bahwa sebuah janji yang dikeluarkan Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan produsen lainnya, termasuk Rusia, untuk mengurangi pasokan sebesar 1,8 juta barel per hari (bpd) akan diperpanjang sampai Maret 2018.

"OPEC akan bertemu pada 25 Mei dengan agenda utama untuk memperpanjang potongan pasokan. Dengan saham minyak tidak berada pada tujuan OPEC, dengan target tingkat rata-rata lima tahun terakhir, perpanjangan pemotongan tampaknya hanya sebuah kesimpulan yang terdahulu," Kata BNP Paribas.

Meskipun ada tanda-tanda persediaan baru-baru ini, saham secara keseluruhan membengkak setelah produksi berlebihan. Alasan utama mengapa pasar belum diperkuat lagi adalah produksi minyak AS yang telah melonjak lebih dari 10% sejak pertengahan 2016 sampai 9,3 juta barel per hari.

Mendapatkan keuntungan dari struktur pasar yang dikenal sebagai contango, di mana harga minyak di masa depan lebih tinggi dari pengiriman segera, pengebor AS telah menjual produksi masa depan untuk membiayai perluasan produksi.

Untuk menghentikan ini, beberapa analis seperti tim riset minyak di Goldman Sachs, telah menyarankan agar kurva harga didorong mundur, di mana harga minyak di masa depan berada di bawah harga saat ini.

Apakah ini akan menghentikan produksi AS dari kenaikan tidak jelas. "Tampaknya pertumbuhan produksi 0,5 juta bpd tahun ini, 0,4 juta bpd berasal dari perusahaan minyak besar yang kurang sensitif terhadap faktor-faktor seperti bentuk kurva," kata Virendra Chauhan, analis Energy Aspect.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1099 seconds (0.1#10.140)