Tim Pemantauan Infrastruktur Tersebar dalam Proyek Strategis

Kamis, 01 Juni 2017 - 11:13 WIB
Tim Pemantauan Infrastruktur Tersebar dalam Proyek Strategis
Tim Pemantauan Infrastruktur Tersebar dalam Proyek Strategis
A A A
JAKARTA - Ketua Pelaksana Tim Pemantauan dan Evaluasi Proyek Strategis Nasional TPE-PSN Taufik Widjoyono mengatakan, tim ini akan membantu dalam advokasi dan pemberdayaan Satuan Kerja (Satker) dan PPK dalam menghadapi masalah di lapangan. Persoalan itu biasanya adalah manajerial dan proyek spesifik untuk mengambil keputusan.

Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) No. 3 Tahun 2026, PSN bidang PUPR melingkupi bidang Sumber Daya Air (SDA) yang mencakup National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) di Jakarta dan pembangunan 65 bendungan untuk ketahanan pangan yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk sektor konektivitas, kerja tim menyasar pembangunan puluhan ruas tol. Selain itu juga ada beberapa ruas jalan nasional yang merupakan non tol.

"Di sektor konektivitas, PSN meliputi pembangunan 47 ruas jalan tol sepanjang 1.755,43 km dan pembangunan 41 ruas jalan nasional dan strategis nasional non-tol," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Jakarta, Kamis (1/6/2017).

Sementara, untuk air minum, sanitasi dan kawasan kumuh, Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya memiliki program sistem pengolahan limbah DKI Jakarta, Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di enam provinsi, dan pembangunan tujuh Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Kalimantan Barat (Kalbar), Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Papua.

Selanjutnya di sektor perumahan, tim mengawasi pembangunan perumahan, terutama untuk program sejuta rumah yang diusung pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Di bidang perumahan, PSN mencakup pembangunan satu juta rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah baik berupa rumah tapak maupun susun, rumah swadaya maupun khusus," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5238 seconds (0.1#10.140)