Miliki Energi Bersih 3.600 GW, Luhut Sebut Indonesia Punya Posisi Tawar Kuat

Senin, 25 September 2023 - 19:24 WIB
loading...
Miliki Energi Bersih 3.600 GW, Luhut Sebut Indonesia Punya Posisi Tawar Kuat
Indonesia memiliki potensi energi bersih yang melimpah. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam. Salah satunya, Indonesia memiliki potensi energi baru terbarukan (EBT) atau energi bersih hingga 3.600 gigawatt (GW).



"Kita punya sekarang kalau potensial clean energy itu 3.600 GW, termasuk solar panel," ujarnya dalam Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) Road to AIS Forum 2023, di Jakarta, Senin (25/9/2023).

Luhut mengatakan saat ini Indonesia tengah memfinalisasi kerja sama dengan Uni Emirat Arab (UAE) untuk membangun 62 GW renewable energy. Kerja sama itu mencakup panel surya, tenaga hidro, hingga panas bumi atau geothermal.

"Kita fokus, itu kan mau dibikin grid di Indonesia, ASEAN. Jadi kita punya semua, kita punya bargaining position yang sangat kuat," ujarnya.

Berkaitan dengan injeksi CO2 ke dalam salin akuifer, Luhut menerangkan upaya itu dilakukan untuk menghasilkan produk-produk hijau.



"Kita punya depleted reservoir, kita punya saline ecofire 400 giga ton. Kita sekarang bisa inject CO2 ke dalam itu, kita tahu semua itu, sehingga kita akan dapatkan produk-produk green," katanya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1262 seconds (0.1#10.140)