Resesi Bisa Menular ke Indonesia, Lekas Percepat Penyerapan Bansos dan UMKM

Senin, 03 Agustus 2020 - 10:40 WIB
loading...
Resesi Bisa Menular ke Indonesia, Lekas Percepat Penyerapan Bansos dan UMKM
Kontraksi pada kuartal II 2020 pada dasarnya tidak dapat dihindari. Sebab sebagian besar negara mengalami hambatan pada aktivitas perekonomiannya, kecuali perekonomian China yang sudah terlebih dahulu terkontraksi pada kuartal I 2020. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Resesi AS yang secara resmi tercatat pada minggu lalu mengonfirmasi kontraksi global yang terjadi akibat pandemik COVID-19. Kontraksi ini sendiri sudah diindikasikan sejak PMI Manufacturing AS terjun bebas pada bulan April dan Mei.

"Dengan kontraksi yang terjadi pada AS di kuartal II 2020, maka dapat diperkirakan bahwa hampir semua negara juga mengalami kontraksi yang serupa, termasuk Indonesia," ujar Ekonom Bank Permata Josua Pardede saat dihubungi di Jakarta, Senin (3/8/2020).

(Baca Juga: Uni Eropa Ikuti AS Terjun ke Jurang Krisis )

Kontraksi pada kuartal II 2020 pada dasarnya tidak dapat dihindari. Sebab sebagian besar negara mengalami hambatan pada aktivitas perekonomiannya, kecuali perekonomian China yang sudah terlebih dahulu terkontraksi pada kuartal I 2020.

Dengan demikian, yang pemerintah butuh lakukan adalah usaha-usaha agar pada kuartal iii 2020 perekonomian Indonesia dapat kembali tumbuh dengan positif. "Dengan cukup masifnya rencana stimulus, disertai dengan skema-skema pendanaan dari pemerintah, seharusnya stimulus tersebut dapat membantu pemulihan ekonomi di kuartal 3 2020," katanya.

(Baca Juga: Badai Resesi Menyerang Negara Adidaya, Awas Mengancam Industri Nasional )

Namun kenyataannya, kasus COVID-19 belum menunjukan adanya penurunan dan penyerapan anggaran stimulus yang rendah, sehingga diperkirakan pemerintah perlu usaha ekstra keras untuk mencegah resesi teknikal.

Oleh karena itu, sambung Josua, pemerintah perlu memberikan restriksi keras pada daerah yang kasusnya masih tinggi selama 1-2 minggu dengan harapan pertumbuhan kasus baru melambat, dan pada gilirannya akan membuka jalan untuk membuka kembali perekonomian.

(Baca Juga: Resesi Ekonomi RI Tidak Terhindarkan, Seberapa Dalam Tergantung Penyerapan PEN )

"Bersamaan dengan itu, pemerintah perlu mempercepat penyerapan terutama untuk bansos dan UMKM, sehingga masyarakat dapat kembali melakukan aktivitas ekonomi," tandasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2694 seconds (0.1#10.140)