Ada 53.000 Unit, Erick Berharap ATM Link Terus Dikembangkan

Selasa, 26 September 2023 - 19:31 WIB
loading...
Ada 53.000 Unit, Erick Berharap ATM Link Terus Dikembangkan
ATM Link harus dikembangkan untuk berbagai kepentingan ekonomi. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan total anjungan tunai mandiri ( ATM ) milik Himbara mencapai 90.000 ATM. Dari jumlah itu 53.000 di antaranya adalah ATM Link.



"Saya mendapat laporan dari 90.000 ATM, 53.000 ATM itu adalah Link. Artinya Link ini dominan," ujar Erick saat Soft Launching Integrasi dan Wajah Baru ATM Link, Selasa (26/9/2023)

Dia mengatakan di era saat ini Himbara semakin dekat dengan digitalisasi. Efisiensi pun menjadi salah satu kuncinya.

Erick berharap sistem ATM Link bisa terus dikembangkan, selain dengan mengintegrasi program yang ada di BUMN, dan kalau bisa integrasi dengan produk-produk dari pihak lain.

"Karena dengan accessibility ini, bisa mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi kita melalui produk-produk yang kita miliki,” katanya.

Erick menekankan, selain efisiensi yang dilakukan di BUMN karena digitalisasi, perusahaan juga harus mendorong pelayanan masyarakat sebagai bagian dari pertumbuhan ekonomi. Salah satu contohnya adalah BNI Xpora, suatu solusi digital yang dikembangkan PT Bank Negara Indonesia Tbk, untuk para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang ingin meningkatkan kapasitas bisnis.

“Contoh di BNI ada program yang namanya BNI Xpora artinya kalau Link bisa dipakai akses untuk mendorong penjelasan Xpora atau bisa melakukan transaksi melalui Link, ini bisa menjadi percepatan," ucap Erick.

Selain itu, ATM Link juga diharapkan dapat dimanfaatkan bagi para pekerja migran di luar negeri, dapat diakses dari UMKM, KUR, dan membeli rumah milenial yang mana Link ini bisa menjadi salah satu alat untuk memenuhi berbagai kebutuhan tersebut.

ATM Link dikelola PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin). Sebagai perusahaan penyelenggara infrastruktur sistem pembayaran, Jalin berperan dalam melakukan integrasi di seluruh ATM Link secara bertahap. Direktur Utama Jalin Ario Tejo Bayu Aji menyampaikan, apresiasi pada Kementerian BUMN serta Himbara karena telah mempercayakan amanah tersebut kepada Jalin.



"Kami sangat bangga dapat mendukung integrasi dan pembaruan tampilan pada ATM Link secara bertahap. Layanan keuangan yang inklusif serta efisien adalah komitmen Himbara dan Jalin dalam mendukung Kementerian BUMN sebagai agen penciptaan nilai dan pembangunan yang mendukung pertumbuhan ekonomi nasional," tutur Ario.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1190 seconds (0.1#10.140)