Erick Thohir Akan Sebar Kantor Pusat BUMN di Berbagai Daerah

Rabu, 27 September 2023 - 12:00 WIB
loading...
Erick Thohir Akan Sebar Kantor Pusat BUMN di Berbagai Daerah
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan tidak semua instansi BUMN akan pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Namun kantor-kator pusat BUMN akan di sebar di berbagai daerah.

"Kalau kantor kementerian iya, tapi kalau BUMN-nya sendiri ke depan, saya berharap kita akan petakan. Kantor-kantor BUMN kita bisa lihat tersebar di berbagai provinsi," ucap Erick di Gedung Kementerian BUMN, Rabu (27/9/2023).

Dia mengatakan opsi pemindahan perkantoran BUMN masih dalam tahap kajian dan pemetaan, sehingga belum diketahui perseroan mana saja yang akan disebarkan ke beberapa wilayah di Indonesia. Kajian tersebut pun nantinya dimasukkan dalam blueprint atau cetak biru Kementerian BUMN.



Erick mencontohkan kantor pusat PT Pertamina (Persero) bisa dipindahkan ke Balikpapan. Pilihan daerah di Kalimantan Timur (Kaltim) ini lantaran ada hubungan historical atau kawasan yang dipandang bisa memperkuat investasi perseroan di sektor minyak dan gas alam (migas).

Adapun aktivitas Holding BUMN Pertambangam bisa saja dipusatkan di kawasan Timur Indonesia. Pilihan ini didasarkan sumber daya alam yang sangat melimpah di wilayah timur. "Bisa saja Pertamina ke Balikpapan karena memang banyak sekali investasi yang ada di Balikpapan. Pertambangan bisa saja di kawasan timur Indonesia," katanya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Dukung Erick Thohir Sukseskan Gelaran Piala Dunia U-17 2023

Pemindahan perkantoran BUMN juga diyakini memberi dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dan pendapatan daerah, lantaran adanya pembayaran upeti atau pajak oleh BUMN. "Sehingga pembayaran pajak, pembagian hasil BUMN juga bisa dirasakan di berbagai provinsi," tutur Erick.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1396 seconds (0.1#10.140)