Tanggapi Tuduhan BUMN cuma Minta-minta PMN, Erick Thohir: Kalau Orang Dizalimi Biasanya Dapat Berkah

Kamis, 28 September 2023 - 10:30 WIB
loading...
Tanggapi Tuduhan BUMN cuma Minta-minta PMN, Erick Thohir: Kalau Orang Dizalimi Biasanya Dapat Berkah
Erick Thohir tanggapi tuduhan BUMN hanya minta-minta PMN. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir buka suara perihal tuduhan perusahaan pelat merah hanya meminta-minta penyertaan modal negara ( PMN ), sementara anggaran segar yang disuntik pemerintah sebelumnya tidak terserap maksimal.



Erick membantah tuduhan tersebut dengan dasar argumentasi bahwa 80% dari total PMN yang diterima BUMN saat ini dialokasikan untuk penugasan pemerintah. Minimnya realisasi atau pemanfaatan dana segar yang sudah digelontorkan pemerintah kepada perseroan merupakan masalah yang terjadi sejak 2015-2016.

"Karena kita melihat PMN hari ini 80% adalah penugasan, dan kemarin saya dikejar-kejar berita 'oh ini PMN-nya tidak terserap, sudah minta-minta'. Itu problem tahun 2015-2016," ucap Erick saat ditemui di tempat kerjanya, ditulis Kamis (28/9/2023).

Erick pun menyayangkan tuduhan yang diarahkan kepadanya. Padahal, perkara tersebut merupakan persoalan masa lalu, yang saat itu dirinya belum menjabat sebagai orang nomor satu di Kementerian BUMN.

"Tapi tetap saya yang dituduh, nggak papa, kalau orang dizalimi biasanya dapat berkah," ucapnya.

Di balik informasi palsu itu, Erick menegaskan bahwa tidak ada masalah dengan PMN BUMN saat ini. Dia memastikan seluruh anggaran yang diterima perusahaan digunakan sesuai dengan ketentuan.

"Nah tapi poinnya, kita nggak mau seperti itu. Dan alhamdulillah saat ini baik, tapi ke depan BUMN harus lebih baik," kata dia.



BUMN memang mampu memberikan kontribusinya kepada negara dalam bentuk dividen. Tercatat, total dividen yang disetor perseroan mencapai Rp80,6 triliun pada tahun ini.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1114 seconds (0.1#10.140)