Ingin Tahu Kenapa Eropa Masuk Jurang Resesi? Ini Sebabnya

Senin, 03 Agustus 2020 - 15:23 WIB
loading...
Ingin Tahu Kenapa Eropa Masuk Jurang Resesi? Ini Sebabnya
Eropa masuk jurang resesi menyusul AS. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ekonom Bank Permata Josua Pardede mengungkapkan penyebab terjadinya resesi di Uni Eropa . Resesi Uni Eropa cenderung sama seperti Amerika Serikat (AS) disebabkan kontraksi yang sudah terlebih dahulu terjadi Kuartal I/2020 dengan Produk Doemstik Brurto (PDB) negara-negara Eropa terkontraksi -3,6%

"Kontraksi di zona Eropa ini merupakan kontraksi terdalam sejak PDB gabungan tercatat di tahun 1995, dan mengindikasikan bahwa krisis pandemi Covid-19 ini melebihi dampak dari krisis global tahun 2008," kata Josua saat dihubungi SINDOnews, di Jakarta, Senin (3/8/2020).



Guna mengantisipasi resesi Uni Eropa merembet ke Indonesia, pemerintah perlu memberikan tindakan keras pada daerah yang kasusnya masih tinggi selama 1-2 minggu dengan harapan pertumbuhan kasus baru melambat, dan pada gilirannya akan membuka jalan untuk membuka kembali perekonomian. "Bersamaan dengan itu, pemerintah perlu mempercepat penyerapan terutama untuk bansos dan UMKM, sehingga masyarakat dapat kembali melakukan aktivitas ekonomi," katanya.



Pihaknya menilai, kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan, ditambah lagi penyerapan anggaran stimulus masih rendah. Sebab itu, perlu usaha ekstra keras untuk mencegah terjadinya resesi. "Dengan cukup masifnya rencana stimulus, disertai dengan skema-skema pendanaan dari pemerintah, seharusnya stimulus tersebut dapat membantu pemulihan ekonomi di Kuartal III/2020," tandasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2011 seconds (0.1#10.140)