Gak Ngarep Lagi pada Pekerjaan, Kaum Muda China Kian Gila Judi: Penjualan Lotre Tembus Rp771 Triliun

Minggu, 01 Oktober 2023 - 12:30 WIB
loading...
Gak Ngarep Lagi pada Pekerjaan, Kaum Muda China Kian Gila Judi: Penjualan Lotre Tembus Rp771 Triliun
Penjualan tiket lotre di China melonjak. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Cemas dengan kondisi perekonomiannya, masyarakat China , terutama kalangan muda, kian keranjingan judi. Pada Agustus lalu penjualan tiket lotere di China melonjak ke level tertinggi sepanjang tahun ini.



Mengutip Xinhua, Reuters melaporkan, penjualan tiket lotere nasional melonjak 53,6% Agustus dari tahun sebelumnya menjadi 52,96 miliar yuan atau USD7,25 miliar. Angka itu setara Rp108,7 triliun (kurs Rp15.000).

Data dari kementerian keuangan China mengungkap, dari bulan Januari hingga Agustus, total 375,76 miliar yuan atau Rp771 triliun tiket lotere terjual secara nasional. Jumlah itu naik 51,6% dari tahun sebelumnya.

Melonjaknya penjualan tiket lotere bertepatan dengan data ekonomi yang lemah selama berbulan-bulan, dengan tingkat pengangguran pencari kerja berusia antara 16 dan 24 tahun menarik perhatian khusus dari para pembuat kebijakan.

Tingkat pengangguran kaum muda China mencapai rekor tertinggi sebesar 21,3% pada bulan Juni, menurut data resmi. Beberapa komentator media sosial menghubungkan peningkatan tajam penjualan lotere dalam beberapa bulan terakhir dengan meningkatnya kekhawatiran ekonomi kaum muda.

“Kaum muda lebih berpeluang memenangkan 5 juta yuan dalam lotere dibandingkan mendapatkan 5 juta yuan dari pekerjaan,” tulis salah satu mikroblog populer China, Weibo, dikutip dari Reuters, Minggu (1/10/2023).

Biro statistik negara tersebut tiba-tiba berhenti mempublikasikan statistik pengangguran kaum muda pada bulan Agustus. Mereka mengatakan bahwa statistik tersebut telah ditangguhkan karena para pejabat berusaha untuk "mengoptimalkan" metodologi pengumpulan datanya, sehingga memicu gelombang kritik di media sosial.

Merasakan dampak dari meningkatnya biaya perumahan dan melambatnya perekonomian, para lulusan yang menganggur telah meninggalkan kota-kota yang secara tradisional menjadi batu loncatan menuju kekayaan kelas menengah.



Awal tahun ini, media sosial China diramaikan dengan video lulusan universitas yang menganggur mengunjungi kuil untuk mencari berkah dari para dewa. “Semakin buruk perekonomian, semakin banyak tiket lotre yang terjual,” tulis komentator lain di Weibo.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1151 seconds (0.1#10.140)