Sri Mulyani Ungkap Alasan Subsidi KPR bagi Karyawan Masjid Istiqlal

Rabu, 21 Juni 2017 - 19:41 WIB
Sri Mulyani Ungkap Alasan Subsidi KPR bagi Karyawan Masjid Istiqlal
Sri Mulyani Ungkap Alasan Subsidi KPR bagi Karyawan Masjid Istiqlal
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pembiayaan perumahan bersubsidi bagi para imam, mu'azin dan karyawan Masjid Istiqlal dimaksudkan untuk menghargai jerih payah mereka yang sudah bekerja dengan keras dari waktu Subuh hingga Isya. Menurutnya mereka yang bekerja di Masjid Istiqlal memiliki kebutuhan akan kepemilikan rumah, sehingga memang harus dibantu.

"Kita semua memahami bahwa Pak Nazar waktu itu menyampaikan kepada presiden dan Pak Nazar kita undang juga menjadi tamu disini menyampaikan bahwa para imam, muazin harus melakukan perjalanan yang jauh dan masih ada kebutuhan untuk memiliki perumahan. Sementara pekerjaan mereka adalah dari mulai pagi Subuh hingga Isya. Sehingga dibutuhkan suatu respons dari pemerintah," terangnya di Jakarta, Rabu (21/6/2017).

(Baca Juga: Alhamdulillah Imam, Muadzin dan Karyawan Masjid Istiqlal Dapat Subsidi KPR
Pemerintah dalam hal ini Kementerian PUPR, Kementerian Keuangan dan Kementerian BUMN, berupaya terus untuk mewujudkan program sejuta rumah untuk kebutuhan masyarakat luas yang masih belum memiliki kebutuhan akan papan. "Dan kita memberikan subsidi bantuan uang muka. Dan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan dengan juga memberi subsidi bunga KPR," imbuhnya.

Kemenkeu, lanjutnya, juga telah menyediakan lahan untuk pembangunan rusun yang dibangun Kementerian PUPR dan Pemerintah bersama DPR juga menetapkan UU No.4 tahun 2016 tentang tabungan perumahan rakyat atau tapera yang tujuannya menghimpun dan menyimpan dana rumah jangka panjang yang berkelanjutan dalam rangka pembiayaan perumahan dalam rangka memenuhi kebutuhan rakyat secara umum.

"Kita tentu saja meyadari masih banyak masyarakat yang membutuhkan pembiayaan pembuatan rumah yang terjangkau. Oleh karena itu saya berterimakasih pada kementerian BUMN, Bank BTN sebagai salah satu bank BUMN yang menyalurkan kredit subsidi untuk perumahan. Dengan pengalaman dan spesialisasi yang dimiliki bank BTN, kita mengharapkan penyaluran KPR Bank BTN akan menjadi katalisator pembangunan sejuta rumah," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7869 seconds (0.1#10.140)