Tips MotionTrade: Jenis Obligasi Berdasarkan Penerbit

Selasa, 03 Oktober 2023 - 10:24 WIB
loading...
Tips MotionTrade: Jenis Obligasi Berdasarkan Penerbit
MNC Sekuritas menyediakan beragam produk investasi untuk investor. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - MNC Sekuritas merupakan unit bisnis dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) dan perusahaan sekuritas terbaik yang memiliki reputasi serta mendapat beragam penghargaan. Bukan hanya menyediakan layanan investasi saham, MNC Sekuritas juga menyediakan beragam produk reksa dana dan obligasi yang dapat dijadikan sebagai alternatif investor untuk berinvestasi.



Dalam mengatur portofolio, investor perlu melakukan diversifikasi pada beberapa instrumen investasi. Dengan melakukan diversifikasi, risiko investasi pada suatu instrumen dapat diimbangi oleh instrumen lainnya jika terjadi pelemahan tren di salah satu instrumen pada portofolio Anda. Anda dapat melakukan diversifikasi pada obligasi atau surat utang.

Obligasi dapat dikategorikan ke dalam beberapa jenis, salah satunya berdasarkan institusi yang menerbitkan obligasi tersebut. MotionTrade merangkum 2 (dua) jenis obligasi berdasarkan penerbitnya, antara lain:

1. Obligasi Korporasi (Corporate Bond)
Obligasi korporasi merupakan surat utang yang diterbitkan oleh sebuah perusahaan. Perusahan yang menerbitkan obligasi bisa merupakan badan usaha milik negara (BUMN) atau bisa juga merupakan badan usaha milik swasta. Perusahaan akan melakukan pembayaran kupon sesuai jadwal yang ditentukan dan mengembalikan pokok kepada Investor pada saat jatuh tempo.

Obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan biasanya bertujuan untuk menghimpun modal pengembangan bisnis suatu perusahaan. Jika Anda tertarik berinvestasi pada obligasi korporasi, Anda harus memperhitungkan kondisi perusahaan yang menerbitkan karena memengaruhi kemampuan bayar pokok dan kupon obligasi.

2. Obligasi Pemerintah (Government Bond)
Obligasi pemerintah ataupun lebih dikenal dengan surat berharga negara (SBN) merupakan surat utang yang dikeluarkan oleh pemerintah dengan tujuan membuka kesempatan yang seluas-luasnya ke masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan negara. Contoh obligasi yang diterbitkan pemerintah, antara lain obligasi negara iitel Indonesia (ORI), sukuk ritel (SukRi), serta saving bond ritel (SBR) dan sukuk negara tabungan (ST).

Surat utang dengan nama depan sukuk berarti surat utang tersebut berbasis syariah. Obligasi yang diterbitkan pemerintah menjadi salah satu instrumen investasi favorit investor karena cenderung aman dari risiko gagal bayar. Namun demikian, Anda juga perlu memperhitungkan besaran atau tingkat kupon yang ditawarkan.

Jika Anda tertarik melakukan diversifikasi investasi pada obligasi korporasi, jangan lewatkan hari terakhir penawaran Umum Obligasi dan Sukuk Wakalah Berkelanjutan I PT MNC Energy Investments Tbk (IATA) Tahap I Tahun 2023. Dapatkan kupon imbal hasil mulai dari 10,75%- 11,50% per tahun. Untuk informasi pemesanan, kunjungi link bit.ly/IATAbond2023 .



Nikmati layanan investasi saham dan reksa dana dari #MNCSekuritas dengan segera unduh aplikasi MotionTrade dan jelajahi seamless experience. Aplikasi MotionTrade dapat diunduh di Google PlayStore dan Apple AppStore dengan link unduh onelink.to/motiontrade . MNC Sekuritas, Invest with The Best!

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1070 seconds (0.1#10.140)