Omzet Pedagang Pasar Tanah Abang Tergerus Penjual Online

Selasa, 27 Juni 2017 - 18:19 WIB
Omzet Pedagang Pasar Tanah Abang Tergerus Penjual Online
Omzet Pedagang Pasar Tanah Abang Tergerus Penjual Online
A A A
JAKARTA - Ramadan menjadi salah satu momen yang paling dinanti, khususnya oleh pedagang pakaian. Pasalnya dengan adanya budaya memakai baju dan pakaian baru saat hari raya Idul Fitri, para pedagang kerap menanti momen ini untuk dapat meraup keuntungan lebih besar, bahkan dua kali lipat lebih besar.

Namun tidak halnya pada Lebaran tahun ini, pasalnya pedagang baju di pasar grosir Tanah Abang mengeluhkan penurunan pendapatan mereka dibanding tahun sebelumnya. Salah satu penyebabnya, lantaran banyak masyarakat yang lebih memilih berbelanja baju secara online.

"Saya jualan sudah lama di Tanah Abang, tapi sejak tahun 2015 itu pendapatan pas Lebaran, enggak naik, ya tetap lah. Bahkan tahun lalu turun. Karena ya itu, orang sudah banyak yang beli macam online," kata Kusmiyati, salah satu pedagang baju muslim di pasar Tanah Abang Blok A kepada SINDOnews.

Tak hanya itu, Kusmiyati juga mengeluhkan lantaran pedagang online menjual dengan harga yang lebih murah. Padahal, barang-barang yang diambil juga ada yang berasal dari Tanah Abang.

"Banyak yang beli di sini, tapi mereka jual lebih murah dari kita. Saya enggak tahu itu bagaimana cara nawarnya mereka di sini. Jadi orang pindah ke lain hati nya cepat. Apalagi sekarang orang pegang HP semua, pencet-pencet sebentar, barang sampai. Habis lah kita penjual toko. Kalau boleh jujur sih, untung kita tahun ini turun 20% lah," keluhnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Pedagang jilbab dan mukena di Pasar Tanah Abang los B Edi Setiono yang menerangkan pengunjung pasar Tanah Abang jika dilihat memang banyak. Namun jumlah barang yang mereka beli tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya.

"Kalau sebelumnya sih ada yang beli sampai kodian, lusinan. Enggak tau sih buat dijual lagi atau gimana. Tapi kalau sekarang jarang. Ngakunya sih, mereka sudah beli online dengan harga grosiran," katanya.

Lebih lanjut Edi menambahkan, memang pedagang di pasar Tanah Abang sekarang sudah banyak yang memiliki akun media sosial untuk memasarkan barang dagangannya. Namun, dirinya belum tertarik untuk mencoba. "Nanti aja lah. Saya masih optimis kok di toko begini. Ya kalau punya karyawan banyak sih enak, ada yang jaga toko, ada yang pegang HP buat layanin pembeli," ungkapnya.

Soal keuntungannya sendiri, Ia menerangkan belum menghitung untuk tahun ini, namun diprediksi bahwa pendapatannya turun 10-15% untuk tahun ini meskipun banyak yang bertandang ke tokonya. "Ya orang dateng mah dateng saja. Tapi kan belum tentu beli. Kadang ada yang datang, nawar doang, ada yang nanya barang paling mahal, tapi belinya yang murah juga ada," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5492 seconds (0.1#10.140)