Insinyur PLN IP Terima Satyalencana Pembangunan dari Presiden Jokowi

Selasa, 03 Oktober 2023 - 15:30 WIB
loading...
Insinyur PLN IP Terima Satyalencana Pembangunan dari Presiden Jokowi
Presiden Jokowi menganugerahkan tanda kehormatan Satyalencana Pembangunan kepada insinyur PLN IP. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menganugerahkan tanda kehormatan Satyalencana Pembangunan kepada insinyur PT PLN Indonesia Power ( PLN IP ). Anugerah Satyalancana Pembangunan disematkan Menteri ESDM Arifin Tasrif atas nama Presiden Jokowi pada Hari Ulang Tahun Pertambangan dan Energi ke-78 kepada Rini Anto Saputro.

"Terima kasih kami ucapkan kepada Bapak Presiden dan Menteri ESDM atas anugerah yang diberikan kepada salah satu engineer kami, secara korporasi kami akan selalu mendukung upaya pemerintah khususnya dalam bidang ESDM," ujar Direktur Utama PLN IP Edwin Nugraha Putra dalam keterangannya, Selasa (3/10/2023).

Baca Juga: Apa yang Dimaksud Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan? Simak Ulasannya di Sini

Dia mengatakan anugerah yang diterima salah satu insinyur terbaik PLN IP tersebut merupakan keberhasilan korporasi dalam mengarahkan seluruh karyawan untuk terus optimal dalam menjalankan peran sebagai pemasok utama kelistrikan Tanah Air dan aktor dalam mendukung pemerintah dalam mengakselerasi transisi energi.

Sementara, Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan tanda kehormatan dalam rangka HUT Pertambangan dan Energi itu diberikan kepada pegawai di lingkungan Kementerian ESDM dan BUMN sektor ESDM, yang berjasa serta memberikan dharma baktinya yang besar khususnya di bidang ESDM.

"Energi Masa Depan Negeri menjadi tema perayaan HUT Pertambangan dan Energi Ke-78 dengan harapan sektor ESDM mampu bangkit dalam menghadapi tantangan global, ESDM harus mampu mengelola, mengendalikan, memanfaatkan sumber daya untuk masa depan bangsa Indonesia," ujarnya.

Menurut dia, kebijakan sektor ESDM saat ini diharapkan pada transisi energi yang berkelanjutan dan berkeadilan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan mendorong perkembangan industri.

"Adapun arah kebijakan diprioritaskan pada ketersediaan energi dengan memaksimalkan energi terbarukan yang terjangkau, serta kegiatan ekstraktif yang ramah lingkungan," lanjut Arifin.



Pihaknya akan terus mendorong seluruh Insan PLN IP untuk selalu berinovasi dan terus meningkatkan kinerja. "Bagi kami, menjalankan peran di hulu sistem kelistrikan dan juga terus mengakselerasi transisi energi adalah suatu kebanggaan," ujarnya.

Penghargaan tersebut diterima Rini karena dinilai berkontribusi dan berperan aktif dalam bidang penanganan gangguan gas valve pembangkitan dengan alat uji gas valve yang bernama Service Tool Solenoid Operated Gas Admission Valve (STOGAV).

Alat itu dapat menurunkan EFOR dan meningkatkan EAF pembangkit serta berfungsi menguji kinerja gas valve sehingga dapat diketahui keandalan dari gas valve. "Dengan STOGAV pula pemakaian gas menjadi optimal dan meningkatkan keandalan pembangkit gas yang menjadikannya lebih ramah lingkungan dan rendah emisi karbon," tutup Edwin.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1886 seconds (0.1#10.140)