Arus Balik Padat, Pengemudi Diingatkan Isi BBM Penuh

Minggu, 02 Juli 2017 - 09:18 WIB
Arus Balik Padat, Pengemudi Diingatkan Isi BBM Penuh
Arus Balik Padat, Pengemudi Diingatkan Isi BBM Penuh
A A A
JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengingatkan pemudik untuk mengisi penuh bahan bakar minyak (BBM). Hal ini seiring dengan aktivitas arus balik Idul Fitri 2017 yang sudah mengalami lonjakan sejak 30 Juni 2017 dan diperkirakan berlanjut hingga hari ini.

Kementerian ESDM pun terus memantau ketersediaan stok BBM, LPG, pasokan listrik, dan potensi bencana geologi. Posko ESDM tetap siaga selama 24 jam untuk menerima informasi atau keluhan dari masyarakat terkait sektor ESDM.

"Semua sudah siap untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan BBM di periode puncak arus balik ini. Kami sarankan kepada pemudik untuk mengisi penuh tangki BBM sebelum berangkat, antisipasi jalanan padat dan macet panjang di puncak arus balik Idul Fitri 2017," ujar Kepala BPH Migas, Fanshurullah Asa dalam keterangan tertulis, Minggu (2/7/2017).

Sebelumnya, sesuai Laporan Posko Nasional ESDM (30/6), di beberapa titik kemacetan seperti exit tol Grinsing, Simpang Maya Kota Tegal, Leles arah Nagrek dan Limbangan, Gentong, Malangbong, semua stok BBM di wilayah SPBU tersebut dalam posisi aman. Di SPBU wilayah Gentong - Malangbong, terdapat kantong BBM berupa truk tangki masing-masing 16 KL memuat Pertamax dan Pertalite.

"Guna mengantisipasi ketersediaan BBM sepanjang arus balik Idul Fitri 2017, sampai dengan 30 Juni 2017, KESDM sudah mengantisipasi dengan menyediakan serambi dan kiosk Pertamina sebanyak 10 buah serambi dan 43 kiosk di seluruh Indonesia, khusus untuk arus balik akan ditambahkan 7 kiosk Pertamax, sedangkan kiosk AKR sudah beroperasi 3 buah diantaranya di Batang, Kendal dan Tuban," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4678 seconds (0.1#10.140)