Jokowi Instruksikan Sandiaga Uno Sukseskan Proyek Strategis Nasional

Kamis, 05 Oktober 2023 - 17:47 WIB
loading...
Jokowi Instruksikan Sandiaga Uno Sukseskan Proyek Strategis Nasional
Presiden Jokowi menginstruksikan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mensukseskan PSN. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Buka lapangan kerja sekaligus kebut pemerataan pembangunan, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno untuk mensukseskan Proyek Strategis Nasional (PSN). Instruksi tersebut disampaikan Sandiaga Uno usai mengikuti Rapat Internal dengan Jokowi tentang Perkembangan PSN di Istana Negara, Gambir, Jakarta Pusat pada Kamis (5/10/2023).

Dalam arahannya, dirinya diamanahkan untuk mempercepat penyelesaian sejumlah PSN. Tujuannya agar proyek-proyek tersebut dapat rampung sebelum masa pemerintahan Jokowi berakhir pada tahun 2024.

"Baru saja kami mendapat arahan dari Bapak Presiden bagaimana proyek-proyek strategis nasional ini bisa diakselerasi, dipercepat dan diselesaikan sebelum akhir pemerintahan di 2024 untuk kesejahteraan masyarakat, terutama untuk membuka lapangan kerja yang lebih luas, pertumbuhan dan juga pemerataan dari pembangunan kita," ungkap Sandiaga Uno.

"Proyek-proyek strategis nasional ini tadi dievaluasi semua dan difokuskan untuk proyek-proyek yang bisa betul-betul dihasilkan suatu lompatan, lompatan-lompatan untuk kemajuan ekonomi Indonesia," bebernya.



Selain itu, lanjutnya, Jokowi menekankan PSN tidak boleh menyisakan permasalahan. Sejumlah isu terkait pembiayaan dan ketersediaan lahan katanya harus diselesaikan. Sehingga, manfaat atas kehadiran sejumlah PSN tersebut dapat secara langsung dirasakan oleh masyarakat.

"Tadi dari hasil review dan evaluasi kami yakin dari proyek-proyek yang akan diselesaikan semuanya akan bermanfaat untuk masyarakat, dan ada beberapa proyek yang dikeluarkan, bukan karena tidak strategis tapi karena rencananya akan dimulai setelah tahun 2024," ungkap Sandiaga Uno.

"Ini harus bisa dipastikan bisa dimulai dan juga bisa selesai, dan tidak menjadi proyek yang mangkrak. Kebetulan semua yang ada di lingkup Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sudah dimulai dan akan diselesaikan, jadi kita berharap ini juga akan membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," jelasnya.



Dalam rapat tersebut, Sandiaga Uno pun menggarisbawahi pesan penting yang disampaikan Jokowi. Jokowi menekankan agar tata kelola seluruh proyek strategis nasional dalam koridor hukum. Jokowi, katanya, tidak ingin proyek-proyek strategis nasional yang selesai pada tahun 2024 menyisakan permasalahan hukum.

"Ini PR (pekerjaan rumah) buat kita dan tentunya juga bagi nanti yang akan melanjutkan pemerintahan Pak Jokowi ini juga bisa kita pastikan bahwa semua pembangunan yang dilakukan ini ada dalam koridor hukum dan dalam tata kelola yang baik," tuturnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1696 seconds (0.1#10.140)