Pesan Ganjar Pranowo ke Pelaku UMKM: Jangan Jadi Pemain Lokal Terus!

Sabtu, 07 Oktober 2023 - 18:31 WIB
loading...
Pesan Ganjar Pranowo ke Pelaku UMKM: Jangan Jadi Pemain Lokal Terus!
Bakal Calon Presiden (Bacapres), Ganjar Pranowo mendorong para pelaku UMKM untuk mulai berstrategi dan keluar dari zona nyaman. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Bakal Calon Presiden (Bacapres), Ganjar Pranowo mendorong para pelaku UMKM untuk mulai berstrategi dan keluar dari zona nyaman. Salah satunya dengan mulai menjajal pasar dunia agar produk-produk mereka bisa semakin eksis dan dilirik.

“Dan kalau sudah mendunia, ya kita harus masuk pasar dunia juga. Jangan kemudian kita jadi pemain lokal terus. Kita serbu,” ujar Ganjar Pranowo saat mengunjungi Inacraft, JCC Senayan, Jakarta, Sabtu (7/10/2023).



Ganjar yang dikenal sebagai sosok pemimpin muda juga turut memberikan salah satu contoh sukses para pelaku UMKM yang sudah Go International . Di mana saat itu Ia turut membantu mereka untuk mengenalkan produknya ke beberapa negara.

“Kita pernah ngirim ke Perancis sudah dua kali ya, ke Osaka juga pernah, maka kita kenalkan. Kita gempur mereka dengan produk-produk kita. Dan mereka sangat suka. Sehingga ya kita harus berani bersaing dan pemerintah memberikan fasilitas dan proteksi,” paparnya.



Ia menilai, bahwa sebenarnya produk UMKM Tanah Air saat ini tak hanya bisa bersaing di pasar offline, namun juga pasar online. Karena itu, Bacapres Partai Perindo Ganjar Pranowo mengatakan bahwa peran pemerintah juga sangat penting dan dibutuhkan.

“Sebenarnya kita juga bisa mengonline kan mereka, memfasilitasi mereka, agar bisa masuk pasar dunia. Peran pemerintah menjadi begitu penting. Kita dorong, kita proteksi, terus kemudian HAKI-nya kita proteksi juga, sehingga ini bisa laku,” beber Ganjar.

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga tampak menunjukkan salah satu produk UMKM yang menurutnya menarik. Yakni sebuah wastra dari lukisan kain bekas yang kemudian di print ulang menjadi sebuah wastra yang unik, menarik dan kreatif.

Menurutnya, produk-produk UMKM seperti inilah yang bisa menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia memiliki deretan produk UMKM yang keren dan menakjubkan. Ganjar juga menilai, hal ini secara tidak langsung membuat para pelaku UMKM semakin tumbuh.

“Ini lukisan dari kain-kain lama, yang kemudian ditempelkan, kemudian di print ulang, dan menjadi sebuah gambar yang menakjubkan. Oh ternyata seperti lukisan, tapi beneran. Nah itu contoh-contoh betapa produk-produk UMKM kita itu memang keren,” ungkapnya.

“Ini yang dulu menginspirasi saya untuk mendorong UMKM Bisa tumbuh, bisa naik kelas,” imbuhnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1186 seconds (0.1#10.140)