Hari Mata Sedunia, Erick Thohir Gelar Periksa Mata dan Operasi Katarak Gratis di Bandung

Minggu, 08 Oktober 2023 - 09:18 WIB
loading...
Hari Mata Sedunia, Erick Thohir Gelar Periksa Mata dan Operasi Katarak Gratis di Bandung
Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga di acara pemeriksaan mata yang digelar BUMN di Pusat Mata Nasional Indonesia, Rumah Sakit Mata Cicendo, Bandung. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menyambut World Sight Day 2023 atau Hari Mata Sedunia, Menteri BUMN Erick Thohir mendukung peningkatan kualitas kesehatan mata melalui program layanan cek mata gratis serta pengobatan katarak bagi masyarakat sekitar Kota Bandung. Sebanyak 225 peserta yang mengikuti program tersebut antusias menerima perawatan di Pusat Mata Nasional Indonesia, Rumah Sakit Mata Cicendo, Bandung.

Rangkaian acara dibuka dengan sambutan oleh Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga, yang turut membangkitkan semangat masyarakat, terutama para pelajar tingkat SD-SMP yang hadir untuk mendapatkan layanan cek mata gratis.



"Pada Hari Mata Sedunia, momen ini pas sekali inisiasi langkah untuk meningkatkan awareness terhadap kesehatan mata, saya kaget rata-rata usia SMP sudah minus 1 matanya," ungkap Arya, Minggu (8/10/2023).

Berdasarkan data World Report on Vision di tahun 2019 mencatat sejumlah 2,2 miliar orang di dunia mengalami gangguan penglihatan. Untuk itu, kata Arya, dibutuhkan upaya nyata untuk menurunkan angka penderita gangguan penglihatan.

Untuk mengantisipasi kenaikan jumlah penderita gangguan penglihatan, Holding Rumah Sakit BUMN PT Pertamina Bina Medika IHC (Indonesia Healthcare Corporation), bekerja sama dengan Rumah Sakit Mata Cicendo untuk menjangkau masyarakat kota Bandung dari berbagai latar belakang.

Sebanyak 100 orang berkesempatan untuk menjalani screening operasi, 25 orang mendapatkan operasi mata katarak gratis, 5 orang anak-anak mendapatkan retinoblastoma dan sejumlah 100 orang pelajar tingkat SD-SMP mendapatkan kacamata gratis. Kegiatan cek mata dan operasi mata didukung penuh oleh Pertamina.



Pada acara tersebut, Pertamina menghadirkan Edi Karyanto selaku SVP Upstream & Portfolio Co. Business Development & Portfolio, Fajriyah Usman selaku VP CSR dan drg Mira Dyah Wahyuni, MARS selaku Direktur Utama PT Pertamina Bina Medika IHC. Sementara dari RS Mata Cicendo hadir Direktur Utama Dr. Antonia Kartika Indriati, SpM(K) yang turut memberikan opening speech yang menginspirasi peningkatan layanan kesehatan bagi masyarakat di Bandung.

Menurut Arya, ke depannya kegiatan ini diharapkan dapat diimplementasikan pada kota-kota lainnya di seluruh Indonesia. Dengan demikian, diharapkan dapat menjangkau lebih banyak lapisan masyarakat. "BUMN peduli dan terus mengakselerasi program-program yang dapat mengedepankan dan menjamin kesehatan masyarakat, khususnya generasi muda penerus bangsa," tandasnya.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2276 seconds (0.1#10.140)