Kolaborasi Mendorong Pengembangan Pariwisata Geopark

Minggu, 08 Oktober 2023 - 07:01 WIB
loading...
Kolaborasi Mendorong Pengembangan Pariwisata Geopark
ESDM dan Kemenparekraf kembangkan wisata geopark. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ( ESDM ) bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Kemenparekraf ) tengah berupaya meningkatkan kunjungan wisata ke kawasan geopark (taman bumi) di Tanah Air. Selain itu, kedua kementerian juga berupaya menjadikan kawasan geopark sebagai destinasi wisata edukasi.



"Kolaborasi dengan Kemenparekraf menjadi sangat penting bagi geopark-geopark yang ada di Indonesia. Selain untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, juga untuk wisata edukasi. Terutama bagi geopark yang sudah diakui UNESCO sangat menarik untuk dikunjungi seperti situs-situs yang ada, bebatuan dan mengenai sejarah geologi di dalamnya," ungkap Menteri ESDM Arifin Tasrif melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (7/10/2023).

Arifin menambahkan, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke geopark yang ada harus digelar kegiatan yang menarik dan berlangsung secara berkala. Khususnya bagi wisatawan lokal agar mereka lebih mengetahui sejarah dan potensi dari geopark.

"Diperlukan pula kegiatan atau event yang menarik wisatawan agar meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan," imbuh Arifin.

Sebelumnya, Arifin bersama Menteri Parekraf Sandiaga Uno berkesempatan mengunjungi Geopark Batur di Buleleng, Bali, sekaligus meresmikan ajang kompetisi golf bertajuk World Tourism Day 2023 Golf Geopark Challenge yang berkolaborasi dengan perusahaan rintisan tanda tangan elektronik tersertifikasi di Indonesia, Privy, Jumat (6/10/2023).

Geopark Batur adalah lokasi pertama yang diakui UNESCO sebagai UNESCO Global Geopark (UGG) pada 2012. Tercatat sudah 10 geopark di Indonesia yang diakui badan PBB tersebut.

Geopark adalah wilayah geografi tempat pelestarian warisan dunia berdasarkan geodiversity (keragaman geologi), biodiversity (keanekaragaman hayati), dan cultural diversity (keragaman budaya) dengan tujuan konservasi dan geowisata.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, geopark Batur membantu pendapatan asli daerah (PAD) yang cukup signifikan dan juga memberikan efek pengganda (multiplier effect) dari sisi pariwisata yang lain. Menurut Sandiaga, untuk mewujudkan pariwisata berkualitas sekaligus mendorong kunjungan ke desa wisata di sekitar geopark, harus dilakukan koordinasi dengan pemerintah daerah setempat serta masyarakat dalam rangka mendorong UMKM yang ada di lokasi.

"Kami akan memastikan geopark yang ada menjadi tumpuan pariwisata dan keberlanjutan lingkungan. Selain itu geopark yang mendapat pengakuan dari UNESCO hendaknya menjadi daya tarik wisata dan juga meningkatkan bisnis UMKM masyarakat. Untuk itulah diperlukan adanya kegiatan atau event yang menarik di kawasan geopark agar menyemarakkan kunjungan wisata sekaligus menguntungkan kegiatan perekonomian masyarakat," ungkap Sandiaga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1834 seconds (0.1#10.140)