Dampak El Nino, Srikandi Ganjar Bantu Air Bersih di Serang

Minggu, 08 Oktober 2023 - 10:30 WIB
loading...
Dampak El Nino, Srikandi Ganjar Bantu Air Bersih di Serang
Srikandi Ganjar bantu air bersih warga Desa Pedaleman, Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang, Banten. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Senyum semringah merekah lebar di wajah warga Desa Pedaleman, Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang, Banten. Mereka mendapat bantuan air bersih gratis dari relawan Srikandi Ganjar Banten pada Sabtu (7/10). Para pendukung Ganjar Pranowo ini mengerahkan sejumlah unit mobil tangki air untuk mendistribusikan ribuan liter air bersih gratis kepada masyarakat Desa Pedaleman.

Salah satu warga setempat, Wawang Alwan mengaku keluarganya sangat berterima kasih dan bersyukur dengan bantuan air bersih yang diberikan relawan Srikandi Ganjar.

"Saya sangat berterima kasih atas bantuan air bersih ini. Sebab untuk air bersih sekarang itu sangat minim. Karena memang kekeringan pada bulan-bulan ini cukup panjang," ujar Wawang, dikutip melalui siaran pers.



Bantuan tersebut nantinya diperuntukkan guna memenuhi berbagai kebutuhan air warga. Mulai dari konsumsi, sanitasi, hingga untuk beribadah. Ratusan keluarga di Desa Pedaleman menjadi penerima manfaat bantuan ini.

Dia menceritakan kemarau berkepanjangan telah membuat warga di daerah tersebut telah menghadapi krisis air. Banyak warga yang kesulitan mendapatkan air bersih gratis, khususnya untuk konsumsi.

Diketahui posisi geografis Desa Pedaleman juga tidak jauh dengan laut. Sehingga banyak sumber air yang tersisa rasanya asin dan tidak layak untuk konsumsi.

"Adapun air memang ada, namun rasanya itu asin karena dekat dengan laut juga. Dan bantuan dari relawan ini alhamdulillah antusias warga, dan saya pun senang atas bantuan ini," jelas Wawang.

Untuk konsumsi air sehari-hari, karena sulitnya air bersih untuk dimasak. Masyarakat setempat terpaksa mengeluarkan pendapatannya untuk membeli air di depot air isi ulang.



Dia pun berharap agar perhatian relawan bisa terus diberikan kepada warga di desanya. Wawang ingin agar bantuan air bersih gratis bisa datang secara berkala dan meluas di desa lainnya.

"Harapan saya bisa menjangkau semua, karena memang kekeringan bukan hanya di kampung saya. Tapi di kampung-kampung seberang juga masih banyak yang kekeringan," harapnya
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1138 seconds (0.1#10.140)