Siloam Hospitals Fokuskan Segmentasi Layanan Kesehatan

Selasa, 10 Oktober 2023 - 12:57 WIB
loading...
Siloam Hospitals Fokuskan Segmentasi Layanan Kesehatan
PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO) berkomitmen meningkatkan layanan setiap kelas pasien dengan mentransformasi segmentasi rumah sakit (RS). Foto/Dok. Siloam Hospitals
A A A
JAKARTA - PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO) berkomitmen meningkatkan layanan setiap kelas pasien dengan mentransformasi segmentasi rumah sakit (RS). Saat ini SILO mengoperasikan 41 RS yang tersebar di 23 provinsi.

Menjadi yang terbesar di Indonesia dan bisa mencakup lebih dari 60% populasi serta memimpin sejumlah layanan spesialisasi medis. SILO juga menerapkan strategi pertumbuhan yang berkelanjutan dan manajemen berkualitas sekaligus fokus yang kuat pada tata kelola perusahaan dan inisiatif keberlanjutan.

Presiden Komisaris SILO sekaligus Group CEO LPKR John Riady mengatakan, LPKR melalui SILO berkomitmen untuk terus mengembangkan industri kesehatan . ”Industri kesehatan karena merupakan salah satu industri atau sektor yang penting dan perlu dikembangkan di Indonesia,” katanya dalam siaran pers, Selasa (10/10/2023).

Terlebih lagi, perekonomian diperkirakan semakin bertumbuh dan kebutuhan akan fasilitas kesehatan semakin tinggi. ”SILO akan terus melanjutkan ekspansi karena memiliki misi untuk memenuhi kebutuhan healthcare di Indonesia sekaligus komitmen untuk terus bertumbuh,” lanjutnya.

Untuk mewujudkannya, SILO mengadopsi metode baru dalam mengklasifikasikan RS, yang didasarkan pada pelanggan masing-masing rumah sakit atau menyesuaikan dengan segmentasi pelanggan. Dengan klasifikasi tersebut, SILO dapat menerapkan strategi bisnis yang berbeda sekaligus memaksimalkan Unique Value Proposition (UVP) dari masing-masing rumah sakit.

Secara garis besar, SILO mengklasifikasi RS dengan kategori premium sebanyak 10 unit. Kategori value seekers sebanyak 13 unit, dan RS dengan fokus pelayanan pada BPJS sebanyak 18 unit. RS dalam kategori premium terbagi lagi menjadi grand deluxe (2 unit), premium specialist (2 unit), dan premium generalist (6 unit).

RS grand deluxe memberikan layanan mewah, eksklusif, dan berfokus pada kenyamanan. UVP tipe rumah sakit ini adalah eksklusivitas, rujukan internasional, peralatan kelas atas, dan keutamaan kenyamanan pasien, termasuk fasilitas hingga makanan. RS premium specialist menawarkan layanan khusus dengan spesialisasi ahli sesuai bidangnya dan menyedialan peralatan yang terbaik dan berinovasi dalam penanganan pasien.

RS premium generalist juga mengedepankan layanan premium dengan waktu tunggu yang lebih singkat, serta fasilitas pasien yang lebih baik dan peralatan yang modern. Untuk kategori value seekers, SILO mengedepankan layanan kesehatan yang terjangkau bagi masyarakat kelas menengah sebagai mayoritas populasi di Indonesia. Adapun untuk rumah sakit pelayanan BPJS, SILO menargetkan pasien BPJS Kesehatan yang belum mengambil asuransi swasta.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5292 seconds (0.1#10.140)