Bank BTN Rangkul UMKM Go Digital

Selasa, 10 Oktober 2023 - 10:12 WIB
loading...
Bank BTN Rangkul UMKM Go Digital
Direktur Consumer Bank BTN, Hirwandi Gafar saat meninjau salah satu stand UMKM kerajinan usai membuka acara Workshop dan Pameran UMKM Go Digital di Jepara. Foto/Dok
A A A
JEPARA - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. atau BTN menggelar acara Workshop dan Pameran UMKM Go Digital di Jepara, Jawa Tengah, Selasa 10 Oktober 2023. Acara yang digelar di Hotel d'Season Premiere Jepara itu diikuti lebih dari 250 pelaku UMKM di Kota Jepara dan sekitarnya.

Tampil sebagai narasumber Direktur Consumer Bank BTN, Hirwandi Gafar, Kepala Dinas Koperasi UKM Nakertrans Jepara, Samiadji serta Praktisi Digital Marketing, Rizqi Mulyantara Hidayat Syah.

"Kontribusi semua sektor perekonomian diperlukan termasuk kontribusi dari sektor UMKM. Sehingga maksud dan tujuan dari penyelenggaraan Workshop dan Pameran UMKM Go Digital ini adalah untuk mengembangkan potensi UMKM di setiap daerah khususnya pada saat ini daerah Jepara, agar bisa beradaptasi terhadap pasar digital," kata Hirwandi.

Dia menambahkan, posisi Bank BTN sebagai market leader (39,1%) pada sektor mortgage, juga merupakan kontributor utama dalam program perumahan nasional dengan 83% market share BTN pada program tersebut.

Selain itu, terdapat 178 industri terkait pada sektor perumahan sebagai pendorong perekonomian nasional. Bisnis UMKM juga termasuk yang turut berperan penting didalamnya.

"Bank BTN mendukung Program Pemerintah dalam mengembangkan UMKM melalui pemberian fasilitas kredit KUMKM (Kredit Usaha Mikro, Kecil, & Menengah), KUR (Kredit Usaha Rakyat), dan PUMK (Pendanaan Usaha Mikro & Kecil)," jelasnya.

Secara keseluruhan, sampai dengan 30 September 2023, Bank BTN telah berhasil menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 3,5 triliun dalam skala nasional. Untuk wilayah yang mencakup Kab. Jepara (Kanwil 6), Bank BTN memiliki jumlah debitur yang mencapai 1.188 dengan total penyaluran KUMKM sebesar Rp335 miliar.

"Bank BTN senantiasa berupaya untuk memperluas penyaluran kredit demi mendukung ekspansi bisnis setiap UMKM. Selain dukungan pendanaan, program layanan edukasi digitalisasi UMKM diharapkan dapat menjadi bentuk nyata dukungan BTN dalam pengembangan bisnis UMKM," pungkasnya.

Sementara itu Praktisi Digital Marketing Rizqi Mulyantara Hidayat Syah menekankan bahwa di era digital seperti saat ini, para pelaku UMKM harus bisa memanfaatkan social commerce yang merupakan gabungan dari sosial media dan e-commerce untuk memperluas jangkauan produknya.

Dia juga menekankan, bahwa para pelaku UMKM saat ini harus menguasai tiga skill untuk memasuki era digital yakni riset market, segmentasi produk serta branding produk.

Rizqi Mulyantara mengapresiasi upaya yang telah dilakukan Bank BTN dalam merangkul para pelaku UMKM di daerah-daerah untuk meningkatkan kemampuan sekaligus beradaptasi di era digital.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1769 seconds (0.1#10.140)