5 Fakta Shekel, Mata Uang Negara Israel

Kamis, 12 Oktober 2023 - 12:34 WIB
loading...
5 Fakta Shekel, Mata Uang Negara Israel
Shekel adalah mata uang Israel yang digunakan sebagai alat pembayaran sah. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Shekel adalah mata uang Israel yang digunakan sebagai alat pembayaran sah di negara tersebut. Mata uang shekel memiliki sejarah yang cukup panjang.

Israel berdiri pada tahun 1948 dan merupakan satu-satunya negara mayoritas Yahudi di dunia. Negara ini memiliki populasi sekitar 9 juta orang, dengan bahasa Ibrani sebagai bahasa resmi.

Adapun sistem moneter Israel modern didasarkan pada mata uang Israel yang dikenal sebagai Shekel Israel Baru (NIS) yang diperkenalkan pada tahun 1985.



Berikut fakta-fakta shekel sebagai mata uang resmi Israel.

Fakta Mata Uang Israel Shekel


1. Sejarah Shekel


Sebelum koin dikembangkan, shekel digunakan sebagai satuan berat yang memfasilitasi alat tukar dengan berbasis emas dan perak. Sistem ini berkembang menjadi mata uang di mana koin dicap dengan segel untuk mengesahkan berat dan keasliannya.

Mata uang awal yang terkait dengan shekel muncul dari Babilonia, Lidia, dan Fenisia. Shekel mengalami revisi dan perubahan antar kerajaan selama berabad-abad. Mata uang berbasis shekel terus dikembangkan dari berbagai kerajaan, seperti Kartago, Persia, dan Kekaisaran Romawi.

2. Nilai Shekel Israel


Shekel Israel adalah mata uang yang dibagi menjadi 100 agorot dan tersedia dalam bentuk koin dan uang kertas. Koin tersebut memiliki pecahan 1, 2, 5, dan 10 NIS serta 10 dan 50 agorot. Sedangkan uang kertas memiliki pecahan 20, 50, 100, dan 200 NIS.



Dalam beberapa tahun terakhir, nilai Shekel Israel telah mengalami apresiasi yang signifikan dibandingkan dengan mata uang tetangga regional dan banyak mata uang di seluruh dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2599 seconds (0.1#10.140)