Pro Rakyat! Ini 3 Upaya Ganjar Pranowo Membangun Ekonomi Jawa Tengah lewat KUR

Kamis, 12 Oktober 2023 - 17:24 WIB
loading...
Pro Rakyat! Ini 3 Upaya Ganjar Pranowo Membangun Ekonomi Jawa Tengah lewat KUR
Selama menjadi gubernur, Ganjar Pranomo terus menggenjot pembangunan Jawa Tengah lewat KUR. Foto/Antara
A A A
JAKARTA - Calon Presiden Ganjar Pranowo pernah mencatatkan prestasi yang gemilang bersama Jawa Tengah saat menerima penghargaan Kredit Usaha Rakyat ( KUR ) Award sebagai peringkat pertama dalam kategori daerah dengan strategi terbaik dalam pencapaian penyaluran KUR.



Penghargaan ini bukan hanya sekali diterima oleh Ganjar dan Jawa Tengah, melainkan tiga kali secara berturut-turut. Capaian itu memperlihatkan keseriusan Ganjar Pranowo untuk membangun ekonomi Jawa Tengah lewat KUR.

Berikut ini adalah tiga upaya Ganjar Pranowo untuk membangun ekonomi Jawa Tengah melalui KUR :
1. Penyaluran KUR yang mencapai Rp55,27 Triliun di tahun 2022

Pada tahun 2022, Pemerintahan Ganjar Pranowo di Jawa Tengah mencatatkan penyaluran KUR untuk UMKM sebesar Rp55,27 Triliun. Angka ini merupakan yang terbesar di Indonesia.
Ia menyebutkan bahwa capaian tersebut merupakan hasil kinerja Pemprov Jateng beserta seluruh jajaran pemerintah kabupaten dan kota di Jawa Tengah dalam mengembangkan sektor UMKM.

Ganjar menerangkan apabila distribusi KUR dapat dilakukan oleh pemerintah pusat secara cepat dan efektif, maka tak hanya meningkatkan pendapatan daerah saja namun juga memberikan keuntungan terhadap banyak pihak, khususnya pelaku usaha UMKM.

Ia juga menyebutkan bahwa KUR adalah perwujudan dari kepedulian pemerintah terhadap perkembangan dan peningkatan kualitas UMKM di Indonesia.

2. Peluncuran KUR Super Mikro dengan bunga 3% per tahun

Ganjar Pranowo juga membuat gebrakan luar biasa dengan menurunkan bunga KUR menjadi 3% per tahun. Ganjar menjelaskan bahwa ketetapan bunga 3% merupakan hasil dari proses yang berjalan panjang.

Sebelumnya, bunga KUR sendiri sempat mencapai angka 12%, kemudian pernah pada posisi 9%, sampai akhirnya Jawa Tengah mendahului KUR nasional sebesar 6%.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2050 seconds (0.1#10.140)