OJK Siap Implementasikan Kesepakatan ACMF 2023 di Pasar Modal RI

Selasa, 17 Oktober 2023 - 15:00 WIB
loading...
OJK Siap Implementasikan Kesepakatan ACMF 2023 di Pasar Modal RI
ASEAN Capital Markets Forum (ACMF) 2023 sukses selenggarakan pertemuan dan konferensi internasional. (Foto: dok MNC Media)
A A A
BALI - ASEAN Capital Markets Forum (ACMF) 2023 sukses menyelenggarakan pertemuan tingkat tinggi dan konferensi internasional. Sepuluh regulator sepakat untuk mengimplementasikan capaian ACMFterhadap pasar modal di masing-masing negara.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku perwakilan sekaligus pemegang keketuaan tahun 2023 menyatakan bakal mengimplementasikan hasil forum yang ke-39 tersebut.

"Setelah hasil tadi dirumuskan dengan baik adalah bagaimana kita menurunkannya ke dalam rumusan, dalam formula yang dapat diterapkan di tingkat nasional," ucap Ketua Dewan Komisioner OJK, Mahendra Siregar dalam konferensi pers di Bali pada Selasa (17/10/2023).

Mahendra menyebutkan bahwa salah satu turunan yang akan diaplikasikan ke pasar domestik akan diwujudkan melalui Taksonomi pembangunan berkelanjutan. Langkah ini akan merevisi taksonomi hijau sebelumnya.

"Ini juga diperlukan untuk menyesuaikan dengan keputusan di tingkat Asia Tenggara dalam ASEAN Taxonomy on Sustainable Development. Ini sedang dijalankan," ujar Mahendra.

Taksonomi hijau merupakan klasifikasi aktivitas ekonomi yang mendukung upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup serta mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

Ini bersifat fleksibel, dinamis, dan berdasarkan pada pengalaman industri dan ilmu pengetahuan masing-masing. Taksonomi hijau dapat membantu mengarahkan investasi ke sektor-sektor yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Mahendra mengharapkan adanya kemajuan pasar modal di tanah air terutama menyangkut aspek keberlanjutan bagi perusahaan tercatat.

Indonesia yang merupakan negara dengan PDB tertinggi se-ASEAN dinilai memiliki peran aktif dalam memimpin gagasan, terobosan, serta rumusan pembangunan berkelanjutan. Salah satunya yakni berkaitandengan transisi energi.

"Ini poin sangat penting yang mau saya sampaikan, bahwa perubahan besar dalam konteks pembangunan berkelanjutan, komitmen kuat dunia mencegah perubahan iklim telah direspons sangat tepat, Di situlah kepemimpinan Indonesia tahun 2023 terefleksikan kuat di pasar ASEAN," ucapnya.

Sebagai catatan bahwa dalam forum ACMF terdapat 4 capaian. Pertama adalah penerbitan ASEAN Transition Finance Guidance, merevisi ASEAN Corporate Governance Scorecard (ACGS), peningkatan pelaporan sustainability disclosure yang berkolaborasi dengan International Sustainability Standards Board (ISSB), dan penerbitan Handbook ASEAN Collective Investment Scheme - Sustainable and Responsible Fund (CIS-SRF) for Green Lane.
(dsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1697 seconds (0.1#10.140)