Pertamina Boyong 30 UMKM Binaan Ikut Ajang Trade Expo Indonesia 2023

Rabu, 18 Oktober 2023 - 14:30 WIB
loading...
Pertamina Boyong 30 UMKM Binaan Ikut Ajang Trade Expo Indonesia 2023
Pertamina memberikan pelatihan perdagangan ekspor kepada UMKM binaan untuk mengikuti ajang Trade Expo Indonesia 2023. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) memberikan pelatihan perdagangan ekspor kepada 30 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan terpilih di Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Ekspor dan Jasa Perdagangan (PPEJP). Sejumlah UMKM terpilih tersebut telah lulus UMK Academy Pertamina kategori Go Online dan Go Global.

"Pelatihan menjadi langkah persiapan UMKM untuk mengikuti pameran Trade Expo Indonesia (TEI) 2023 yang digelar 18-22 Oktober 2023 di ICE-BSD Tangerang," kata VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso dalam keterangan pers, Rabu (18/10/2023).



Dia mengungkapkan 30 UMKM terpilih ini mendapatkan manfaat yang besar dari pelatihan perdagangan ekspor ini. Para UMKM tersebut telah terkurasi dengan baik sehingga memiliki kualitas, kapasitas dan kontinuitas produk yang baik.

Hal ini tentunya membuat mereka sangat siap menghadapi pameran TEI 2023 yang merupakan kegiatan promosi yang bisa menjadi salah satu tolak ukur dalam melakukan riset pasar. Para pelaku usaha juga dapat melakukan kontak langsung dengan buyer.

"Diperkirakan, pameran ini akan mendatangkan buyer-buyer asing dari 100 negara," ujarnya.

Lebih lanjut, UMKM memiliki peluang ekspor yang sangat tinggi mengingat potensi yang dimiliki juga sangat besar. Salah satu dukungannya dalam bentuk pelatihan perdagangan ekspor, agar para pelaku usaha memahami betul langkah-langkah dan juga prosedur ekspor.

"Diharapkan, UMKM dapat berkomunikasi dengan baik ketika berhadapan dengan buyer sehingga dapat tercapai kesepakatan," kata dia.

Selama tahun 2023, imbuhnya, Pertamina telah memberikan pembinaan berupa pelatihan Perdagangan Ekspor kepada 60 UMKM yang terbagi dalam dua batch. Program pelatihan perdagangan ekspor ini dilakukan secara offline dan intensif selama 3 hari di mana para peserta dipersiapkan dalam mengikuti pameran dagang bisnis (b to b) terbesar berskala internasional, TEI 2023.

Pelatihan ini merupakan kolaborasi antara Pertamina (Persero) dengan Kementerian Perdagangan, sebagai tindak lanjut dari kerja sama dalam mendukung UMKM yang siap ekspor.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1605 seconds (0.1#10.140)