alexa snippet

Penerimaan Pajak Minim, Sri Mulyani Akan Sisir Semua Sektor

Penerimaan Pajak Minim, Sri Mulyani Akan Sisir Semua Sektor
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, akan terus mengupayakan penyisiran terhadap umber-sumber penerimaan negara. Grafis/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Realisasi penerimaan pajak hingga semester I/2017 baru 40% dari target yang telah ditetapkan pemerintah. Namun, untuk pertumbuhannya jika dibanding semester sama tahun lalu, angkanya mendekati 10%.

(Baca: Sri Mulyani: Tak Ada Hidup Enak Tanpa Bayar Pajak)

Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan akan terus melakukan ekstra effort untuk mencapai target pajak yang ditetapkan hingga akhir tahun dalam APBN-P yang sebesar Rp1.498,9 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, akan terus mengupayakan penyisiran terhadap umber-sumber penerimaan negara.

"Penerimaan pajak semester I pertumbuhannya mendekati 10%, dan untuk beberapa item kenaikannnya cukup tinggi. Kita akan terus mengupayakan semester II akan dilakukan penyisiran terhadap sumber-sumber penerimaan negara," kata dia di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta, Jumat (11/8/2017).

Saat ini, akan terus mengusahakannya pada kuartal III dan IV, sehingga target penerimaan pajak yang disetujui dewan dalam APBN perubahan akan tercapai masih akan ada ekstra effort yang hars dilakukan di kuartal III dan IV. Sehingga, target penerimaan pajak yang disetujui DPR dalam APBN perubahan akan tercapai.

Sri Mulyan meminta Ditjen Pajak melakukan penyisiran juga terhadap beberapa sektor yang sudah pulih ekonominya. Sehingga, bisa berkontribusi terhadap penerimaan pajak dalam negeri untuk kuartal selanjutnya dan tahun berikutnya.

"Ekstra effort yang akan dilakukan sama, pertama menurut sektor, pelaku ekonomi dan melihat data-data pada sektor-sektor yang telah mengalami pemulihan ekonomi dan memiliki kapasitas membayar pajak. Kita akan melakukan hati-hati, sehingga ekonomi tidak terganggu dari sisi pertumbuhan namun target penerimaan pajak bisa dicapai," tutur dia.



(izz)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top