Indonesia-China Makin Mesra, Perdagangan Kedua Negara Tembus Rp2.053 Triliun

Kamis, 19 Oktober 2023 - 11:13 WIB
loading...
Indonesia-China Makin Mesra, Perdagangan Kedua Negara Tembus Rp2.053 Triliun
Presiden Joko Widodo dan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping menggelar pertemuan bilateral kedua negara di Great Hall of the People, Beijing, pada Selasa (17/10/2023). Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev.
A A A
JAKARTA - Perdagangan Indonesia dan China terus tumbuh dan berkembang, dimana Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan, nilainya mencapai lebih dari USD130 miliar atau setara Rp2.053 triliun (Kurs Rp15,796 per USD).

"Hubungan kerja sama Indonesia-Tiongkok terus tumbuh dan berkembang. Perdagangan antara Indonesia-Tiongkok telah mencapai lebih dari USD130 miliar," ujar Erick Thohir melalui akun Instagramnya, Kamis (19/10/2023).



Menurutnya, nilai perdagangan itu menjadi salah satu sumber pertumbuhan ekonomi berkelanjutan bagi kedua negara. Bahkan, dipastikan bisa memberi kesejahteraan pada masyarakat.

Pemerintah, lanjut dia, terus meningkatkan hubungan bilateral dengan China . Upaya itu setelah kedua negara telah menyepakati kerja sama dalam Belt and Road Initiative (BRI) atau jalur sutra modern China. Kerja sama BRI diharapkan mampu memberikan manfaat bagi baik secara ekonomi, sosial, maupun politik kedua negara.



Inisiatif BRI bisa mendorong perkembangan infrastruktur, membuka lapangan kerja, terutama pekerjaan non formal, serta menghilangkan kemiskinan. "Harus diperbaiki dan ditingkatkan," ucap dia.

Saat menyampaikan pidato dalam The Third Belt and Road Forum for International Cooperation, Erick menyebut Indonesia sukses menjaga pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Pernyataan itu disampaikan di hadapan perwakilan lebih dari 130 negara yang hadir.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1705 seconds (0.1#10.140)