Jalur Sutra Bantu Negara Berkembang, Jokowi: Terima Kasih Pemerintah China dan Presiden Xi

Rabu, 18 Oktober 2023 - 16:10 WIB
loading...
Jalur Sutra Bantu Negara Berkembang, Jokowi: Terima Kasih Pemerintah China dan Presiden Xi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) berterima kasih ke China atas kontribusi yang diberikan kepada negara-negara berkembang melalui Belt and Road Initiative (BRI) atau jalur sutra modern. Foto/Dok
A A A
BEIJING - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) berterima kasih ke China atas kontribusi yang diberikan kepada negara-negara berkembang melalui Belt and Road Initiative (BRI) atau jalur sutra modern. Hal itu disampaikan saat Jokowi menghadiri acara pembukaan Belt and Road Forum (BRF) ke-3, pada Rabu, 18 Oktober 2023, di Great Hall of The People, Beijing.

"Saya menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah RRT dan Presiden Xi atas kontribusinya bagi negara-negara berkembang melalui BRI. Pepatah China mengatakan 'Yu gong yi shan', kegigihan akan mewujudkan keajaiban. Mari berjuang gigih bersama memajukan pembangunan ekonomi dan mewujudkan kesejahteraan rakyat," kata Jokowi dalam keterangannya.



Jokowi juga menuturkan bahwa dibutuhkan upaya bersama agar nilai-nilai BRI tetap terjaga untuk memperkuat sinergi dan kerja sama dalam pembangunan infrastruktur. Hal tersebut disampaikan Presiden saat

“Saya berharap sinergi BRI dalam pembangunan infrastruktur dapat terus, dan di tengah situasi dunia yang makin terbelah kerja sama BRI tidak boleh dipolitisasi. Ini membutuhkan upaya kita bersama dalam menjaga nilai-nilai utama agar inisiatif ini makin kuat dan makin berdampak,” kata Presiden.



Presiden Jokowi menilai bahwa rasa kepemilikan sangat penting untuk keberlangsungan sebuah proyek. Oleh karenanya dibutuhkan sinergi yang memberikan ruang kepemilikan bagi negara tuan rumah untuk melaksanakan proyek nasionalnya secara mandiri sebagaimana dalam proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Indonesia.

“Indonesia memiliki proyek nasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang kemudian disinergikan dengan BRI dan baru-baru ini telah diluncurkan dan dioperasionalkan,” jelas Presiden.

Presiden pun berharap ke depannya hal serupa dapat dilakukan dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara. “Ke depan, kami juga akan sinergikan pembangunan IKN, transisi energi, dan hilirisasi industri,” tuturnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1893 seconds (0.1#10.140)