Bidik Pasar Menengah ke Atas Patra Jasa Siapkan Rp5,5 Triliun

Senin, 14 Agustus 2017 - 04:59 WIB
Bidik Pasar Menengah ke Atas Patra Jasa Siapkan Rp5,5 Triliun
Bidik Pasar Menengah ke Atas Patra Jasa Siapkan Rp5,5 Triliun
A A A
JAKARTA - Anak usaha PT Pertamina (Persero) bidang perhotelan dan properti, PT Patra Jasa membutuhkan investasi sebanyak Rp5,5 triliun untuk seluruh proyek yang akan dibangun selama 5 tahun. Di mana Patra Jasa membidik pangsa pasar menengah ke atas.

Direktur Keuangan dan SDM Patra Jasa, Rizki P Hasan mengatakan, untuk memenuhi investasi tersebut perseroan berencana merogoh kas internal sekitar 30-40%, sedangkan sisanya dari eksternal seperti pinjaman bank dan pendanaan di pasar modal.

"Kita masih kaji pendanaan di pasar modal, bisa saham atau obligasi. Tapi sekarang bunga obligasi masih lebih tinggi dari suku bunga bank yang diterima," kata Rizki kepada sejumlah media di Jakarta, Minggu (13/8/2017).

Dana investasi tersebut akan digunakan untuk pembangunan sejumlah proyek properti dan perhotelan di wilayah Jakarta, Cirebon, Yogyakarta dan Semarang. Patra Jasa membidik pangsa pasar menengah ke atas. "Alasan kami membidik pasar menengah dan menengah atas karena ketersediaan lahan kami yang strategis," ujarnya.

Saat ini, aset yang dimiliki per Juni sebesar Rp1,2 triliun. Diharapkan, nilai aset dapat meningkat hingga Rp3-4 triliun diakhir tahun dan mencapai Rp7 triliun di Tahun 2031.

Dari sisi pendapatan hingga Juni 2017, sektor properti baru berkontribusi sebanyak 9% dari keseluruhan pendapatan. Sisanya, hospitality 26% dan multi jasa 30-40%.

Menurutnya, pendapatan dan laba sebelum pajak pada paruh pertama tahun 2017 masing-masing naik 28% dan 100% dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.

"Keseluruhan per Juni sebesar Rp339 miliar. Target akhir tahun Rp700 miliar. Induk usaha kami mendorong perusahaan untuk bertransformasi dari hospitality menjadi developer kedepannya," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5663 seconds (0.1#10.140)