alexametrics

Begini Penampakan Kereta Canggih di Bandara Soetta

loading...
Begini Penampakan Kereta Canggih di Bandara Soetta
PT Kereta Api Indonesia (KAI) saat ini tengah mengebut pengerjaan pembangunan kereta api canggih di bandara Soekarno-Hatta. Foto/Lily Rusna Fajriah
A+ A-
JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) saat ini tengah mengebut pengerjaan pembangunan kereta api canggih di bandara Soekarno-Hatta. Rencananya, akhir 2017 kereta tersebut sudah mulai dioperasikan.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengungkapkan, hari ini pihaknya telah kedatangan satu rangkaian kereta (train set) dari 10 train set yang akan difungsikan untuk kereta bandara Soetta. Saat ini rangkaian kereta tersebut tengah berada di Stasiun Manggarai untuk serangkaian proses pengujian.





"Dan pada hari ini satu train set kereta bandara sudah ada di sini. Yang rencananya akan berturut-turut pada September akan berdatangan. Ada 10 train set, satu train set ada enam kereta," katanya di Balai Yasa Manggarai, Jakarta, Selasa (15/8/2017).

SINDOnews bersama sejumlah awak media lainnya pun berkesempatan untuk menengok rangkaian kereta bandara yang telah tiba di Stasiun Manggarai tersebut. Turut serta dalam kunjungan tersebut seluruh direksi PT KAI.

Moda transportasi baru ini disebut Automated People Mover System (APMS). Rencananya, kereta tersebut akan diberi nama Skytrain dengan daya tampung 150 orang.





Kereta supercanggih ini didesain dengan sangat apik dan terlihat sangat mengutamakan kenyamanan penumpang. Tempat duduk didesain berjejer kebelakang dengan setiap baris berisi dua tempat duduk di sisi kanan dan kiri.

Model tempat duduk pun terlihat sangat nyaman, dengan kursi empuk dan sandaran agak tinggi. Tak hanya itu, sela antara sisi kanan dan sisi kiri dibuat lebih longgar. Sehingga, penumpang nantinya tidak terlalu berdesakan.

Kereta ini juga dilengkapi beberapa unit televisi (TV), sehingga penumpang tidak akan merasa bosan untuk berlama-lama di kereta tersebut. Selain itu, toilet didesain sangat nyaman seperti toilet yang ada di pesawat.

Nantinya, rute kereta bandara terdiri dari dua jalur, pertama yakni Stasiun Manggarai-Sudirman Baru-Duri-Batuceper-Bandara Soetta. Jalur kedua, Stasiun Jakartakota-Kampung Bandan-Duri-Batuceper-Bandara Soetta.

(Baca Juga: Naik KRL Commuter Line dan Kereta Lokal Gratis pada 17 Agustus)
(izz)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak