Tarif KA Bandara Soetta Diprediksi Paling Mahal Rp100 Ribu

Selasa, 15 Agustus 2017 - 14:39 WIB
Tarif KA Bandara Soetta Diprediksi Paling Mahal Rp100 Ribu
Tarif KA Bandara Soetta Diprediksi Paling Mahal Rp100 Ribu
A A A
JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyatakan bahwa pihaknya belum menentukan mengenai tarif kereta api Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Saat ini perseroan masih terus melakukan kajian mengenai tarif yang pas untuk kereta tersebut.

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengungkapkan, saat ini prediksi perseroan tarifnya berada di kisaran Rp80 ribu hingga Rp100 ribu. Namun, angka tersebut masih belum pasti dan masih terus dikaji. "Prediksi Rp80.000-Rp100.000, tetapi sekarang dikaji ulang terus," kata Edi di Balai Yasa Manggarai, Jakarta, Selasa (15/8/2017).

(Baca Juga: Begini Penampakan Kereta Canggih di Bandara Soetta
Namun dia berharap, tarif kereta Bandara Soetta bisa terjangkau. Dengan begitu, masyarakat bisa memiliki kesempatan untuk menggunakan transportasi kereta ke Bandara Soetta. "Ingin saya sih tidak terlalu mahal, berupaya kereta api itu kan public service, berikan harga masuk akal bagi penumpang," imbuh dia.

Nantinya, rute kereta bandara terdiri dari dua jalur, pertama yakni Stasiun Manggarai - Sudirman Baru - Duri - Batuceper - Bandara Soetta. Jalur kedua, Stasiun Jakartakota - Kampung Bandan - Duri - Batuceper - Bandara Soetta. "Dari Stasiun Manggarai-Sudirman Baru-Duri-Batu Ceper dan masuk ke dalam bandara," tandasnya.

Sebelumnya KAI menargetkan pengoperasian kereta rel listrik (KRL) Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) dapat dilakukan pada November 2017. Saat ini, proses pembebasan lahan 13 pabrik yang terkena jalur KA tanpa awak tersebut sudah selesai.

Sukmoro mengungkapkan, pembebasan lahan telah selesai pada Juli 2017. Saat ini lahan bekas pabrik tersebut tengah dalam proses pengurugan yang kedalamannya hingga mencapai delapan meter.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7389 seconds (0.1#10.140)