Gubernur BI: Tahun Ini Pertumbuhan Kredit Tidak Bisa Dua Digit

Kamis, 17 Agustus 2017 - 05:05 WIB
Gubernur BI: Tahun Ini Pertumbuhan Kredit Tidak Bisa Dua Digit
Gubernur BI: Tahun Ini Pertumbuhan Kredit Tidak Bisa Dua Digit
A A A
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan bahwa pertumbuhan kredit untuk tahun ini sulit untuk mencapai dua digit. Karena itu, dia akan membahas lebih lanjut dalam Rapat Dewan Gubernur yang akan dilaksanakan pekan depan.

Nantinya, RDG ini akan menentukan posisi suku bunga bank sentral Indonesia apakah harus naik atau tetap. Pasalnya, Menko Perekonomian Darmin Nasution juga pernah memberikan sinyal meminta penurunan suku bunga.

"Saya melihat tahun 2017 mungkin agak sulit untuk bisa mencapai pertumbuhan kredit 10%-12%. Tapi di 2018, kita perkirakan sudah bisa mencapai dua digit. Tapi kalau untuk 2017, kelihatannya ada di bawah dua digit. Dan ini kita akan bahas dalam RDG," kata dia di Jakarta, Rabu (16/8/2017).

Agus meyakini bahwa hingga Juni secara year to date baru mencapai 2,6%. Jika diakumulasi secara year on year, kemungkinannya hanya mencapai 8%. Melihat kemungkinan yang ada, angka-angka tersebut akan dikaji lebih lanjut.

Lebih lanjut, mengenai suku bunga kredit, BI belum dapat memastikan apakah bunga kredit akan mengalami penurunan atau tidak. Karena harus melihat bunga deposit secara keseluruhan.

"Kami terus melihat suku bunga kredit ini dan bunga deposit juga turun. Tapi deposit turun lebih cepat dibandingkan bunga kredit. Turunnya bunga kredit itu yang lebih pelan karena bank sedang konsolidasi. Jadi mereka banyak lakukan penyehatan, lebih hati-hati dalam memberikan kredit, dan kami antisipasi mungkin jika OJK tidak memperpanjang relaksasi aturan kredit, tentu akan ada dampak," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8631 seconds (0.1#10.140)