Kolaborasi MNC Kapital-Bank Rakyat Pacu Ekonomi Kawasan

Minggu, 22 Oktober 2023 - 14:30 WIB
loading...
Kolaborasi MNC Kapital-Bank Rakyat Pacu Ekonomi Kawasan
Penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara MNC Kapital dan Bank Rakyat Malaysia pada Sabtu (21/10/2023). Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - PT MNC Kapital Indonesia Tbk dan Bank Kerjasama Rakyat Malaysia Berhad (Bank Rakyat) sepakat untuk berkolaborasi dalam penyediaan fasilitas perbankan termasuk pendanaan dan remitansi bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Malaysia. Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara MNC Kapital dan Bank Rakyat Malaysia pada Sabtu (21/10/2023) diyakini bakal terus memacu pertumbuhan pembangunan ekonomi di dua kawasan.



Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo menyambut positif kolaborasi yang terjalin. “Terima kasih kepada Pak Datuk Ewon Benedick sebagai Menteri Pembangunan Usahawan dan Koperasi Malaysia, dan Pak Teten Masduki, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, yang telah berkenan hadir. Kita memiliki banyak pekerja migran Indonesia (PMI), di luar negeri, dan salah satu yang paling besar di Malaysia,” ujar Hary seraya membagikan foto-foto acara pada laman Instagram miliknya.

Hary menambahkan, MNC Bank akan memberikan fasilitas perbankan secara menyeluruh. “Jadi, kami memberikan fasilitas perbankan. Kerja sama ini menyangkut remittance, pengiriman dana, juga pembiayaan kepada PMI yang melibatkan dua institusi perbankan: Bank Rakyat, Malaysia dan MNC Bank di Indonesia,” jelasnya.



Selama ini, Hary melanjutkan, PMI mengirimkan uang secara manual. “Biayanya mahal sekali. Selain itu, pembiayaan PMI sebelum keberangkatan sangat penting, karena ada banyak calon pekerja yang gagal berangkat akibat keterbatasan biaya untuk pelatihan, pembuatan paspor, medical check-up, tiket, dan lain-lain,” pungkas Hary.

Sementara itu, Menteri Pembangunan Wirausaha dan Koperasi Malaysia YB Datuk Ewon Benedick menilai, kerja sama PT MNC Kapital Indonesia Tbk dan Bank Rakyat Malaysia Berhad menjadi titik tolak atas kerja sama yang lebih luas bagi Indonesia dan Malaysia.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1162 seconds (0.1#10.140)