Intip 12 Program Unggulan Misi Ganjar-Mahfud Percepat Pemerataan Pembangunan Ekonomi

Minggu, 22 Oktober 2023 - 19:11 WIB
loading...
Intip 12 Program Unggulan Misi Ganjar-Mahfud Percepat Pemerataan Pembangunan Ekonomi
Calon Presiden (capres) Ganjar Pranowo dan calon Wakil Presidennya (cawapres) Mahfud MD. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Calon Presiden (capres) Ganjar Pranowo dan calon Wakil Presidennya (cawapres) Mahfud MD, telah merilis visi-misi mereka untuk mengikuti Pemilihan Presiden (pilpres) 2024. Dalam visi-misi yang bertajuk “Menuju Indonesia Unggul: Gerak Cepat Mewujudkan Negara Maritim yang Adil dan Lestari”, pasangan capres dan cawapres ini berjanji akan mempercepat pemerataan pembangunan ekonomi.

Dalam mencapai misi percepatan pemerataan pembangunan ekonomi, terdapat dua misi penting yang masing-masingnya didorong oleh program-program yang terukur.



Pembangunan Adil dan Merata
Misi pertama adalah mewujudkan pembangunan yang adil dan merata. Dalam mewujudkan ini, Ganjar dan Mahfud memiliki 7 program.

1. Desa Naik Kelas
Melipatgandakan dana desa berkualitas untuk memastikan 50% dari total jumlah desa menjadi desa mandiri yang sejahtera dan unggul.

2. Koperasi (Kemitraan) Sebagai Corak Perekonomian Nasional
Menyediakan 40% tempat usaha bagi usaha mikro dan kecil di lingkungan infrastruktur publik. Mengalokasikan 50% anggaran belanja barang/jasa pemerintah dan BUMN/D untuk koperasi dan UMKM. Meningkatkan kemitraan antara usaha besar dengan koperasi dan UMKM serta kapasitas UMKM melalui digitalisasi, termasuk akses pembiayaan dan pemasaran.

3. Gandakan dan Garap Pasar Bersih
Memperbanyak pasar baru dan merevitalisasi pasar tradisional sebagai pusat aktivitas ekonomi rakyat yang bersih dan nyaman.

4. 4T Terintegrasi (Tempat tinggal – Tempat kerja – Trotoar – Transportasi publik)
Menghubungkan tempat tinggal dan tempat kerja dengan sarana transportasi yang masif, nyaman, murah, dan tepat waktu disertai penyediaan trotoar yang ramah pejalan kaki.

5. Desa – Kota Tumbuh Bersama
Menjadikan kota sebagai sentra pertumbuhan ekonomi yang dapat menarik dan mendorong desa untuk tumbuh bersama. Desa menjadi penyedia sumber daya yang dibutuhkan serta penopang kebutuhan perkotaan yang dapat diandalkan dan berkesinambungan.

6. Reforma Agraria Tuntas
Penataan alokasi lahan yang efisien dan berkeadilan termasuk redistribusi dan legalisasi tanah yang bebas dari mafia tanah untuk memastikan proses administrasi dan dokumentasi lahan yang transparan, cepat, akurat, dan murah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1555 seconds (0.1#10.140)