Menteri Teten Beberkan Dua Kekuatan ASEAN untuk Keluar dari Bayang-bayang Barat

Senin, 23 Oktober 2023 - 11:19 WIB
loading...
Menteri Teten Beberkan Dua Kekuatan ASEAN untuk Keluar dari Bayang-bayang Barat
Menteri Teten Masduki ungkap dua kekuatan ASEAN. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki , membeberkan dua kekuatan ASEAN yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Dua kekuatan itu adalah sektor agriculture (pertanian) dan aquaculture (perikanan) yang terbesar di dunia.



Menurut dia, ASEAN dapat membangun kekuatan ekonomi secara bersama, terutama di agriculture dan aquaculture. Jadi, anggota negara ASEAN bisa keluar dari bayang-bayang Barat sebagai negara adidaya.

"Saya kira ASEAN, kalau kita lihat data ya, bisa menjadi satu kekuatan. Jadi kita di sektor agriculture, aquaculture ASEAN sangat kuat. Ini saya kira kita bangun platform bersama. Jadi supaya kita bisa keluar juga dari bayang-bayang negara besar," ujar Teten saat ditemui di iNews Tower, Jakarta Pusat, Sabtu (21/10/2023).

Ekonomi agrikultur dipahami sebagai suatu upaya yang digunakan untuk meningkatkan perekonomian dengan memanfaatkan sektor pertanian. Sedangkan, aquaculture adalah pembiakan, pemeliharaan, dan pemanenan ikan, kerang, alga, dan organisme lain di semua jenis lingkungan perairan.

Pemerintah Indonesia, lanjut dia, terus memperkuat hubungan dengan negara lain di ASEAN untuk pengembangan bidang agriculture dan aquaculture. Salah satu negara yang akan dikerjasamakan adalah Malaysia.

Teten memastikan pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah dapat membidik kerja sama dengan Kementerian Wirausaha dan Koperasi Malaysia,



"Sehingga nanti kami bekerja sama dengan Kementerian Wirausaha dan Koperasi Malaysia, mungkin kita bisa menjadi kuatlah di beberapa sektor, karena ASEAN sebagai episentrum, mungkin itu di agriculture dan aquaculture. Sudah banyak aplikasi digital, agritech mulai bekerja di sektor aquaculture sudah menunjukan perkembangan yang sangat baik, jadi saya kira mungkin kerja sama ini kita dorong," tutut Teten.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2542 seconds (0.1#10.140)