Ganjar Pranowo dan Mahfud MD Ingin Wujudkan Ekonomi yang Merata, Khususnya di Papua

Selasa, 24 Oktober 2023 - 20:16 WIB
loading...
Ganjar Pranowo dan Mahfud MD Ingin Wujudkan Ekonomi yang Merata, Khususnya di Papua
Pasangan Calon Presiden (Capres), Ganjar Pranowo dan Cawapres, Mahfud MD telah berkomitmen untuk fokus mendorong perkembangan ekonomi Papua dengan janji konkret berupa dukungan keuangan khusus. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pasangan Calon Presiden (Capres), Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presiden (Cawapres), Mahfud MD telah berkomitmen untuk fokus mendorong perkembangan ekonomi Papua dengan janji konkret berupa dukungan keuangan khusus.



Hal tersebut ditujukan dalam upaya mengurangi kesenjangan ekonomi dan sosial yang terjadi karena adanya perbedaan dalam hal pertumbuhan, pengembangan, dan akses terhadap sumber daya antar daerah.

Melalui redistribusi sumber daya, investasi infrastruktur , insentif pajak, serta dukungan keuangan khusus untuk Papua, Ganjar dan Mahfud berencana untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih merata, mengurangi kemiskinan, dan memperbaiki taraf hidup warga Papua.

Misi mereka berdua dalam mengurangi kesenjangan ekonomi-sosial di daerah merupakan tugas yang harus dijadikan prioritas karena kondisi kesenjangan di Indonesia yang memprihatinkan.



Langkah-langkah yang akan dilakukan tersebut bertujuan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih merata, mengurangi tingkat kemiskinan, dan secara signifikan meningkatkan kualitas hidup warga, terutama yang berada dalam situasi paling membutuhkan.

Melalui pendekatan tersebut, Ganjar dan Mahfud akan membangun landasan yang kuat untuk mewujudkan masyarakat yang lebih adil dan sejahtera di seluruh Indonesia, terlebih di Papua yang kesenjangannya sangat terasa.

Melihat dari kondisi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Provinsi Papua tahun 2022 berada di angka 61,39 yang berarti masih berada di level sedang. Bila ditarik secara Kabupaten atau Kota di Papua masih ada di daerah yang memiliki IPM sangat rendah seperti di Nduga yang angkanya hanya menyentuh 34,10.

Tingkat disparitas yang paling signifikan antara Kabupaten dan Kota jika dibandingkan antar Provinsi lainnya adalah Provinsi Papua. Perbedaan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) antar Kabupaten dan Kota di Provinsi Papua hampir mencapai angka 50.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1601 seconds (0.1#10.140)