Mengenal Soft Saving, Tren Gen Z tentang Menabung dan Masa Depan

Rabu, 25 Oktober 2023 - 09:43 WIB
loading...
Mengenal Soft Saving, Tren Gen Z tentang Menabung dan Masa Depan
Prinsip soft saving belakangan banyak diadopsi sejumlah kalangan anak muda, khususnya Gen Z. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Soft saving belakangan banyak diadopsi sejumlah kalangan anak muda, khususnya Gen Z. Istilah tersebut mungkin masih terasa asing bagi sebagian orang.

Menabung merupakan salah satu aktivitas yang memberikan banyak manfaat. Dengan menyisihkan pendapatan dalam nominal tertentu, uang tersebut bisa digunakan untuk kebutuhan lain di masa depan.

Bagi sebagian orang, mereka memiliki prinsip untuk bekerja keras dan menabung sebanyak-banyaknya. Tujuannya adalah agar bisa hidup nyaman dan damai ketika pensiun kelak.

Prinsip demikian sejatinya tidak salah. Memikirkan kebutuhan masa depan yang belum pasti, uang tabungan atau simpanan tersebut bisa meminimalisir hal-hal tidak terduga di kemudian hari.



Namun, tren ini ternyata mendapat pandangan berbeda dari sejumlah anak muda. Sebagai tandingannya, mereka memilih untuk menggunakan cara bertajuk ‘Soft Saving’.

Apa Itu Soft Saving?


Soft saving bisa diartikan sebagai aktivitas menabung sedikit untuk masa depan serta lebih banyak menggunakan uang di masa kini. Hal ini berbeda dengan prinsip di atas yang mengharuskan bekerja keras dan menabung sebanyak mungkin untuk masa depan.



Mengutip laman MoneyTalk, Rabu (25/10/2023), survei Intuit menunjukan sebagian Gen Z meragukan prinsip ‘Bekerja keras dan menabung sebanyak-banyaknya untuk masa depan’. Dalam hal ini, mereka ragu memiliki banyak uang saat pensiun di tengah tantangan ekonomi yang terus berlangsung.

Melihat berbagai solusi, ada salah satu yang cukup menarik, yaitu bekerja dan menabung dengan lebih cerdas. Jadi, mereka tetap menabung, hanya saja nominalnya lebih sedikit dan dilakukan secara perlahan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1541 seconds (0.1#10.140)