Begini Cara Ganjar Pranowo Tingkatkan Pendapatan Pajak bagi Negara

Kamis, 26 Oktober 2023 - 07:57 WIB
loading...
Begini Cara Ganjar Pranowo Tingkatkan Pendapatan Pajak bagi Negara
Ganjar akan membuat pembayaran pajak jadi lebih mudah. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Calon Presiden Partai Perindo Ganjar Pranowo membeberkan salah satu cara yang akan dilakukannya untuk meningkatkan pendapatan negara dari pajak . Contohnya, mempermudah pembayaran pajak bagi mereka yang merupakan wajib pajak.



Pandangan itu dikatakan Ganjar saat menjadi pembicara dalam acara Indonesia Investment Summit 2023 di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta Pusat, Selasa (24/10/2023). Menurut Ganjar, saat ini rasio pajak masih rendah dan untuk dapat meningkatkannya salah satu cara yakni dengan mempermudah bagi wajib pajak, ketika akan membayar kewajibannya.

“Jadi ini sesuatu yang menurut saya hari ini menjadi perhatian bersama, dan tidak boleh menakutkan wajib pajak. Orang mau bayar pajak kadang-kadang sulit, takut dan semuanya menjadi rumit, kenapa tidak kita permudah,” tegas Ganjar.

Ditekankan Ganjar, pemerintah tidak boleh menakut-nakuti para wajib pajak. Kemudian, Presiden harus punya panel khusus dalam mengawasi pendapatan negara.

“Kalau kita bicara income dari pajak, maka harus mempermudah, dan tax ratio kita masih terlalu lemah,“ kata Ganjar.

Sementara itu, untuk potensi pendapatan negara dari segi bisnis baik dari BUMN maupun dari perusahaan nasional atau perusahaan asing dan sebagainya, kuncinya adalah dengan melakukan penertiban terhadap sesuatu yang ilegal, mengutamakan nilai antikorupsi, dan meningkatkan integritas.



“BUMN dan sebagainya, terus kemudian yang ilegal-ilegal itu dilegalkan dalam arti ditertibkan, sehingga satu. Nilai anti korupsi mesti tinggi, integritas mesti tinggi, pendekatan hukum mesti tinggi sehingga kalau itu dilakukan rasanya bisa,” tutur Ganjar.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1143 seconds (0.1#10.140)