Jalan Berbayar Solusi Kurangi Macet di Jakarta, Seperti Apa?

loading...
Jalan Berbayar Solusi Kurangi Macet di Jakarta, Seperti Apa?
Jalan berbayar solusi mengurai kemacetan di Jakarta. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kemenhub, Polana Banguningsih Pramesti mengatakan, penerapan jalan berbayar atau electronic road pricing system (ERP) akan menjadi solusi mengurangi kemacetan di Jakarta.

"Ini upaya lain dengan menerapkan jalan berbayar (ERP) di jalan-jalan dengan titik kepadatan yang tinggi di Jakarta. Memang belum diterapkan, namun dengan ERP ini akan memindahkan orang dari angkutah pribadi ke angkutan umum," ujarnya pada Forum Diskusi Publik School of Business and management Institut Teknologi Bandung yang digelar secara virtual, Rabu (5/8/2020).

Baca Juga: DKI Jakarta Masuk 10 Besar Kota Termacet se-Asia Tenggara, Kerugian Capai Rp65 Triliun

Selain penerapan jalan berbayar, upaya lain diantaranya penerapan ganjil-genap dan integrasi moda transportasi baik keberangkatan maupun saat tiba ke tempat tujuan. "Untuk mencapai taregt itu butuh effort besar, kami mendorong amsyarakat meninggalkan kendaraa pribadi dan menarik masyarakat beralih ke transportasi umum," ucapnya.

Baca Juga:Mulai 3 Agustus, Ganjil Genap di Jakarta Kembali Dilakukan



Tidak hanya integrasi moda transportasi, integrasi prasarana dan informasi juga diperlukan. Misalnya dari sisi terminal, alat pembayaran dan informasi. "Ada integrasi fisik pembayaran informasi. tentunya tiodak kalah pentingnya integrasi itu memperhatikan lingkungan," kata dia. Adapun salah satu integrasi fisik diarahkan kepada pengelola transportasi di Jabodetabek pada satu titik untuk multimoda. Kemudian integrasi pembayaran akan menggunakan satu kartu untuk semua moda dengan satu aplikasi.
(nng)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top