Manado Great Sale 2017 Minim Pembeli

Rabu, 06 September 2017 - 02:11 WIB
Manado Great Sale 2017 Minim Pembeli
Manado Great Sale 2017 Minim Pembeli
A A A
MANADO - Hari kelima program promosi Manado Great Sale 2017 masih minim pengunjung. Meski seluruh toko ritel anggota Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Sulut di Manado, diantaranya FreshMart SuperStore/Express/Dept.Store, MultiMart, TopMart, Fiesta, Golden, Jumbo, Paniki Jaya, AlfaMart, AlfaMidi, Indomaret, Indogrosir, Transmart, dan Giant secara serentak memberikan diskon hingga 50% namun konsumen masih relatif normal.

"Situasi dan kondisi kelihatannya memang demikian. Tetapi kalau tidak ada kegiatan semakin melempem dan tidak bergairah," kata Sekretaris Aprindo Sulut, Robert Najoan, Selasa (5/9/2017).

Menurut Robert, bagaimanapun pihaknya tetap mendukung pertumbuhan daerah dengan mendukung penuh event Manado Fiesta 2017 dengan kegiatan promosi Manado Great Sale 2017.

Sementara itu, ekonom Sulut Vecky Apollos Junius Masinambow menilai memang ritel agak turun disebabkan belanja online semakin kuat. "Disamping murah, banyak alternatif serta cepat. Sekarang ini orang juga mulai rasional dalam berbelanja," katanya.

Dosen pascasarjana ekonomi pembangunan Universitas Sam Ratulangi itu menjelaskan, selain konsumen makin rasional, pendapatan kalangan menengah ke bawah tidak signifikan sehingga dalam mengatur kebutuhan sehari-hari sangat ketat.

"Sebaliknya kalangan atas, selain pendapatan yang meningkat justru mereka membelanjakan uangnya ke luar daerah. Inilah tantangan para pemilik ritel agar harus lebih kreatif lagi," ujarnya.

Sebelumnya, badan usaha ritel berperan meningkatkan kemitraan dengan pemerintah dan membawa aspirasi anggotanya demi pengembangan industri ritel. Sehingga event-event positif dan sejenisnya diharapkan menjadi stimulus dalam menggairahkan ekonomi Indonesia yang masih melambat, khususnya di sektor ritel.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2515 seconds (0.1#10.140)