Upaya Mengembangkan SDM di Ekosistem Halal Nasional

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 20:21 WIB
loading...
Upaya Mengembangkan SDM di Ekosistem Halal Nasional
Sejumlah kalangan terus meningkatkan SDM di ekosistem industri halal. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pemerintah tengah mendorong aksi pengembangan ekosistem halal di Indonesia dan membuka seluruh pihak untuk ikut mendorong industri halal di Tanah Air. Sejalan dengan gerakan ini, PT IBF Net Indonesia, sebagai pendiri International Institute of Islamic Business and Finance (IIIBF), memiliki misi memajukan pengembangan kapasitas manusia dalam ekosistem halal melalui riset dan teknologi.



“Inovatif Netversity merupakan inisiatif strategis yang menandai langkah signifikan menuju globalisasi portofolio yang komprehensif dengan melayani audiens yang beragam dan internasional,” ujar Presiden Direktur IBF Net Indonesia Dr. Obaidullah dalam keterangan resminya, dikutip Jumat (27/10/2023).

Obaidullah menambahkan ekosistem halal bukan hanya tentang keuangan syariah. Sebagian besar penyedia pelatihan saat ini berfokus pada beberapa bidang, seperti perbankan, asuransi dan investasi, dan yang terbaru, keuangan mikro dan fintech dalam konteks ekonomi berbasis Syariah.

“Sementara ini terdapat 50 lebih pelatihan yang kami tawarkan mencakup bidang-bidang keuangan tambahan, seperti, amal (zakat, sedekah dan wakaf), keuangan nirlaba, keuangan publik,” katanya.

Pihak IBF juga membuka kursus atau pelatihan keuangan dan ekonomi yang fokus pada berbagai tujuan pembangunan berkelanjutan, termasuk perlindungan anak, pemberdayaan perempuan, perubahan iklim dan lingkungan hidup. Di luar ekonomi, IBF menawarkan pelatihan yang berfokus pada berbagai bidang yang saling berhubungan dalam ekonomi halal, seperti psikologi bisnis, hukum, akuntansi, kepemimpinan dan manajemen, pemasaran, komunikasi dan hubungan masyarakat, hubungan ketenagakerjaan serta manajemen lingkungan hidup.

“Seluruh pelatihan ditawarkan secara online dan hybrid sehingga peserta bisa berkontak langsung dengan para instruktur. Semua memberikan perspektif Islam sebagai tujuan pembelajaran tambahan,” jelasnya.

Selama setahun ke depan, kata Obaidullah, perusahaan berencana untuk memperkenalkan lebih dari lima puluh pelatihan yang dirancang untuk memberi manfaat bagi jaringannya yang terdiri dari lebih dari delapan puluh ribu anggota di seluruh dunia.



"IBF Net mengumumkan portofolio pelatihan terbarunya bertepatan dengan dimulainya Festival Ekonomi Syariah Indonesia (ISEF)," tandas Obaidullah.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1371 seconds (0.1#10.140)