Tarif LRT Jabodebek Didesak Turun Jadi Rp5.000, Kompensasi Akibat Layanan Buruk

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 19:06 WIB
loading...
Tarif LRT Jabodebek Didesak Turun Jadi Rp5.000, Kompensasi Akibat Layanan Buruk
Tarif LRT Jabodebek didesak turun menjadi Rp5.000 sebagai kompensasi atas layanan yang buruk. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) meminta pengelola LRT Jabodebek menurunkan tarif penumpang menjadi Rp5.000. Potongan tarif tersebut sebagai kompensasi layanan yang buruk atas berbagai persoalan yang dialami kereta tanpa masinis tersebut.

"Dalam kondisi pelayanan yang menurun kami menyarankan untuk mengenakan tarif termurah untuk pelanggan sebagai kompensasi waktu tunggu yang relatif lama dan frekuensi perjalanan yang berkurang," kata Ketua Bidang Perkeretaapian MTI Aditya Dwi Laksana saat dihubungi, Jumat (27/10/2023).



Dia menandaskan saat ini kondisi LRT Jabodebek hanya mengoperasikan 9 trainset saja dengan jumlah 131 perjalanan. Trainset berkurang karena masih dalam proses perbaikan roda kereta.

"Ini memang semestinya tidak terjadi, di saat frekuensi perjalanan harusnya ditingkatkan supaya jeda antar perjalanan rapat dan jam operasi perjalanan mestinya ditambah tetapi malahan armada yang dioperasikan berkurang signifikan," sambungnya.



Adapun jumlah trainset yang berkurang itu akhirnya membuat headway atau jarak kedatangan kereta menjadi lebih lama. Kondisi demikian dikhawatirkan bakal menurunkan minat masyarakat untuk menggunakan moda transportasi publik. Padahal LRT Jabodebek sudah mengangkut lebih dari 2,4 juta pelanggan sejak diresmikan 28 Agustus 2023.

"Ini membuat kenyamanan pengguna terganggu dan minat masyarakat menggunakan LRT turun. Padahal animo masyarakat sudah mulai terbentuk," jelasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0922 seconds (0.1#10.140)