LRT Jakarta Fase 1B Velodrome-Manggarai Mulai Dibangun, Investasi Rp5,5 T Full Ditanggung Pemda

Senin, 30 Oktober 2023 - 11:48 WIB
loading...
LRT Jakarta Fase 1B Velodrome-Manggarai Mulai Dibangun, Investasi Rp5,5 T Full Ditanggung Pemda
Pj. Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, mengatakan, anggaran pembangunan LRT Jakarta Fase 1B Rute Velodrome-Manggarai Rp5,5 triliun dikeluarkan seluruhnya oleh pemerintah daerah. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pembangunan LRT Jakarta Fase 1B Rute Velodrome-Manggarai resmi mulai dibangun pada Senin (30/10/2023), yang akan menelan biaya investasi senilai Rp5,5 triliun.Hal ini ditandai dengan dilakukannya groundbreaking oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Jakarta Internasional Velodrome dan didampingi oleh Pj. Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.



Heru Budi mengatakan, anggaran sebanyak Rp5,5 triliun merupakan anggaran yang dikeluarkan seluruhnya oleh pemerintah daerah. "Rp5,5 triliun sampai selesai anggaran full daerah ," katanya.

Sambung Heru juga menjelaskan, bahwa LRT Jakarta Fase 1B akan membentang sepanjang 6,4 km. Adapun LRT Jakarta Fase 1B akan memiliki lima stasiun baru, yakni Stasiun Pemuda, Stasiun BPKP, Stasiun Pasar Pramuka, Stasiun Matraman dan Stasiun Manggarai.



Ia menyebutkan, bahwa nantinya jika proyek ini rampung, maka waktu tempuh dari Stasiun Pegangsaan 2 hingga Stasiun Manggarai hanya membutuhkan waktu 26 menit. "Sepanjang jalur 12,2 km dan dapat ditempuh selama 26 menit," bebernya.

Sementara itu dalam sambutannya, Menhub Budi Karya Sumadi mengapresiasi, Pemerintah DKI Jakarta yang mempunyai inisiatif untuk menghasilkan angkutan perkotaan massal dengan anggaran sendiri.

"Jakarta adalah satu kota yang menjadi model bagi kota-kota di Indonesia. Niatan baik ini sangat diapresiasi kareena dengan adanya anggaran dari Pemda sendiri, inisiasi dari Pemda sendiri menghasilkan angkutan perkotaan dan akan menjadi contoh provinsi lainnya," kata Menhub.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2063 seconds (0.1#10.140)