alexa snippet

Menteri Susi Tawarkan 1.000 PNS KKP Pensiun Dini

Menteri Susi Tawarkan 1.000 PNS KKP Pensiun Dini
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyatakan mulai tahun ini pihaknya memiliki program golden handshake atau pensiun dini bagi PNS. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyatakan bahwa mulai tahun ini pihaknya memiliki program golden handshake atau pensiun dini bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) berusia lanjut yang ada di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Setidaknya 1.000 orang ditargetkan akan pensiun dini dalam waktu hingga tiga tahun mendatang.

Dia mengatakan, program pensiun dini dilakukan dalam rangka pengurangan dan perbaikan sumber daya manusia (SDM) di KKP. Program tersebut akan dilakukan secara bertahap selama tiga tahun.

"Kita rencana golden handshake di KKP yaitu percepatan pensiun dini kepada karyawan di KKP. Dalam rangka penguangan dan perbaikan SDM nantinya di KKP. Rencana pertama, kita akan melakukan golden handshake hampir 1.000 orang. Tapi itu bertahap selama tiga tahun," katanya di Gedung Mina Bahari IV KKP, Jakarta, Kamis (14/9/2017).

Sambung dia menerangkan, program pensiun dini tersebut dikhususkan untuk PNS yang berusia 50 tahun ke atas. Selain itu, untuk PNS yang telah bekerja lebih dari 10 tahun. Jumlah PNS di KKP sendiri saat ini mencapai 10.800 orang.

"Program kita memang dikhususkan untuk yang lima puluh ke atas. Jadi diprioritaskan untuk pensiun dini, menuju rasionalisasi yang berdasarkan kualitas. Tapi untuk sekarang yang di atas 50 tahun, masa kerja lebih dari 10 tahun," imbuh dia.

Program ini, tambah dia, seiring dengan penerimaan CPNS KKP tahun ini. KKP sendiri mendapatkan kuota 332 orang untuk penerimaan CPNS tahun ini. "Dari golden handshake ini nanti kita akan rekrut yang baru-baru, dengan kualifikasi dari the best five dari setiap universitas atau akademi. Kita memang ingin membatasi yang unggul dulu. Karena jatahnya terbatas cuma 300. Jadi kita maunya yang terbaik dulu," tandasnya.
(akr)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top